RAGAMBAHASA – Pada hari ini Minggu (10/9/2023) telah dilaksanakan Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sukabumi yang ke-20 . Berdasarkan Rapat Badan Permusyawaratan DPRD dan Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi, pada tanggal 31 Agustus 2023 telah menyepakati agenda Rapat Paripurna Rapat DPRD Kabupaten Sukabumi dalam rangka: “Memperingati Hari Jadi ke-153 Kabupaten Sukabumi “.

 

Adapun susunan acara Rapat Paripurna pada hari ini yaitu Pembukaan,Pembacaan Sejarah Singkat Kabupaten Sukabumi,Sambutan Bupati Kabupaten Sukabumi,Sambutan Gubernur Jawa Barat,Pembacaan Doa,dan terakhir penutupan.

 

Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sukabumi pada hari ini dipimpin oleh Wakil Ketua II DPRD M. Sodikin, ST, didampingi Wakil Ketua III Yudi Suryadikrama, SH. Wakil Bupati Sukabumi Drs. H. lyos Somantri, M.SI. Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat H. Dedi Supandi, S.STP., M.SI. para Anggota DPRD, serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Sukabumi (FORKOPIMDA) dan Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi.

Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa Hari Raya Kabupaten Sukabumi yang ke-153 tahun, pada tanggal 10 September 2023 , didasarkan pada hasil kajian masyarakat setempat, sejarah yang didukung dengan dokumen-dokumen dan studi banding yang mendekati landasan filosofis, sosiologis dan yuridis sejarah Sukabumi yang diawali dengan dokumen tertulis keputusan Gubernur Jenderal P. Meijer yang menyatakan bahwa pada tanggal 10 September  Tahun 1870  menyatakan Sukabumi menjadi suatu wilayah administratif, yang dapat dibentuk berdasarkan penetapan masa pemerintahan Kabupaten Sukabumi terhitung sejak tanggal 10 bulan September tahun 1870 yang selanjutnya Bupati dan DPRD menetapkan Peraturan Daerah Nomor 14  tahun 2018  tentang Hari Jadi Kabupaten Sukabumi, yang menetapkan dan menyebutkan hari jadi Kabupaten Sukabumi, terhitung mulal bulan Oktober. 1  tahun 1945  diganti dengan tanggal 10 bulan September tahun 1870.

 

Rapat Paripurna ini merupakan rangkaian acara HUT Kabupaten Sukabumi yang ke 153 tahun, yang mengangkat tema “Dengan semangat HUT Kabupaten Sukabumi yang ke 153 tahun, kami sambut pelantikan Kabupaten Sukabumi yang baru. pemulihan ekonomi dan ketertiban pembangunan dengan perbaikan kerja dan inovasi pelayanan tema besar ini mewakili harapan dan semangat kita bersama. Seperti yang diketahui banyak orang di beberapa sektor seperti sektor pendidikan sektor kesehatan, sektor perekonomian, sektor infrastruktur, dan lain sebagainya, tentunya hal tersebut menjadi tantangan bagi kita. hal tersebut hanya akan menghambat upaya kita semua untuk terus melanjutkan pembangunan, membangun daerah dan mengkondisikan masyarakat Kabupaten Sukabumi untuk mewujudkan masyarakat dan daerah yang maju dan sejahtera.

 

Terakhir adalah pembacaan doa yang dipimpin oleh Asep Akmal Hasan, M.Ag. dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi.

Drs.H.Iyos Somantri,M.Si dalam rapat Paripurna tersebut menyampaikan

“Dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Sukabumi ke-153 tahun 2023, DPRD menyampaikan terima kasih yang setulus-tulusnya serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh komponen daerah mulai dari unsur jajaran pimpinan daerah, jajaran Pemerintah daerah masyarakat, PARPOL, ORMAS, LSM. Pemuda, serta Dunia Usaha, dan pihak-pihak lain atas jasa pengabdian, dan pengorbanannya membangun Kabupaten Sukabumi selama ini, semoga menjad amal ibadah di sisi Allah SWT ” pungkasnya.

 

Sebelum menutup Rapat Paripurna Dewan pada hari ini. Segenap Pimpinan DPRD mengucapkan Selamat atas hari jadi Kabupaten Sukabumi yang ke 153