RAGAMBAHASA.com || Upaya untuk merawat kolaborasi antara media dengan Pemerintah Kota Sukabumi diinisiasi oleh Pemerintah Kota Sukabumi melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Sukabumi.

Jumat, 27 Oktober 2023, di Catering Coffee, Selabintana, telah diimplementasikan melalui kegiatan Coffee Morning yang melibatkan insan pers dari sejumlah media dan organisasi profesi jurnalis.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Diskominfo Kota Sukabumi ini dihadiri oleh Penjabat Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi Dida Sembada, Asisten Daerah III Mohammad Hasan Asari, Kepala Diskominfo Rahmat Sukandar, dan sejumlah aparatur Sekretariat Daerah Kota Sukabumi. Kegiatan positif seperti ini disebutkan oleh Penjabat Wali Kota Sukabumi akan dilakukan secara berkala.

“ Alhamdulillah, setelah melaksanakan senam pagi, kita berkumpul di sini. Tujuan kita sebetulnya silaturahmi, mempererat kerja sama kita, kolaborasi,” kata Kusmana Hartadji dalam arahannya.

Pemerintah Kota Sukabumi, disebutkan oleh Penjabat Wali Kota Sukabumi, akan senantiasi membangun kolaborasi dan kerja sama dengan unsur-unsur pentahelix, salah satunya media. Kolaborasi dan kerja sama akan berjalan lancar jika komunikasi dua arah terus dilakukan.

“ Pengalaman saya, kegiatan seperti ini dilakukan rutin sebulan sekali di Provinsi Jawa Barat. Bahkan di Jawa Barat itu, kadang-kadang dilakukan dua minggu sekali oleh Biro Humas dan Protokol. Untuk di Kota Sukabumi, cukup dilakukan satu bulan sekali,” terang Kang Tutus kepada insan pers Kota Sukabumi.

Informasi yang diterbitkan oleh media baik cetak atau daring menjadi hal penting dalam proses edukasi kepada masyarakat.

Atas alasan itu, Kusmana Hartadji memandang perlu dibangun komunikasi efektif antara pemerintah dengan media. Pemerintah membutuhkan masukan, ide, gagasan, juga kritik dari media.

“ Terkait etika jurnalistik, dalam proses pemberitaan, sudah pasti media melakukan konfirmasi terlebih dahulu kepada sumber media,” lanjutnya.

Penjabat Wali Kota Sukabumi sangat mengharapkan keterbukaan informasi diterapkan oleh Pemerintah Kota Sukabumi. Salah satunya dapat diimplementasikan dengan memberikan jawaban sebagai bentuk konfirmasi terhadap pemberitaan yang akan dipublikasikan.

Kang Tutus menggarisbawahi pentingnya keterbukaan informasi dari pemerintah kepada media. Menurutnya, media memiliki peran vital dalam menyampaikan informasi positif kepada masyarakat

Dengan adanya akses langsung ke pihak berwenang, media dapat menghindari informasi yang bersifat spekulatif atau tidak diverifikasi dengan baik.

Keterbukaan dan transparansi dari pemerintah melalui kolaborasi dengan media akan menciptakan narasi yang jelas dan benar mengenai berbagai isu yang terjadi di Kota Sukabumi.

“ Pemberitaan oleh media juga, mudah-mudahan tidak ke pemerintah saja, tetapi juga kepada penerima manfaat. Saya juga ingin ada testimoni-testimoni yang dihadirkan. Jadi tidak selalu harus kegiatan rapat, tapi ingin juga ada beberapa berita yang memunculkan penerima manfaat,” tambah Penjabat Wali Kota Sukabumi.

Kusmana Hartadji memastikan pemerintah akan senantiasa hadir. Beberapa waktu lalu, Penjabat Wali Kota Sukabumi telah melakukan audiensi dengan insan pers Kota Sukabumi.

Kolaborasi antara pemerintah dan media akan terus berlanjut mengingat penyebaran informasi saat ini begitu cepat, terutama di media-media daring.

Lebih lanjut, Penjabat Wali Kota Sukabumi yang akrab disapa Kang Tutus juga menyoroti pentingnya etika jurnalistik dalam proses pemberitaan. Ia berharap media akan menjaga integritasnya dengan mengedepankan berita yang akurat dan seimbang.

Dialog dua arah antara pemerintah dan media adalah sarana yang efektif untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Pemerintah dapat merespons lebih cepat terhadap kebutuhan dan aspirasi masyarakat yang terbaca dari pemberitaan media.

Good data good decision, no data no decision, bad data, datanya jelek itu juga akan menjadi kebijakan yang salah,” pungkas Kusmana Hartadji.

Kolaborasi dengan media adalah langkah strategis dalam membangun citra positif tentang Kota Sukabumi.

Dengan informasi yang transparan dan dapat dipercaya, masyarakat akan merasa lebih yakin terhadap kebijakan dan program yang dijalankan oleh pemerintah.

Media yang bekerja sama dengan pemerintah akan memberikan pemaparan yang komprehensif mengenai pencapaian dan inisiatif pemerintah, sehingga masyarakat dapat menghargai dan mendukung upaya-upaya pembangunan yang dilakukan di Kota Sukabumi.

Melalui kerja sama yang erat antara pemerintah dan media, diharapkan informasi yang disampaikan kepada masyarakat akan lebih valid dan terpercaya.

Pemerintah Kota Sukabumi berkomitmen untuk terus menjalin kolaborasi yang produktif dengan media, mengingat peran penting media dalam memberikan informasi yang bermanfaat kepada publik.