RAGAMBAHASA.com || Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, siap menyambut ratusan peserta Healthy City Summit 2024 pada Juli mendatang. Hal itu diungkapkan Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Jujun Juaeni.

“Mempersiapkan tempat wisata sebetulnya bukan menjadi hal pokok dalam HCS 2024. Tapi mereka pasti sekalian berwisata. Jadi kami sangat wajib menyiapkan sarana wisata yang aman dan nyaman,” ungkap Jujun, Senin (6/5/24).

Jujun menegaskan, pihaknya tengah melakukan pendataan dan evaluasi kawasan wisata mana saja yang akan dibenahi. Geyser Cisolok adalah salah satu pusat perhatian Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi.

“Kita sudah mengumpulkan seluruh stakeholder di Geyser Cisolok termasuk masyarakat sekitar dan para pedagang. Kita berkolaborasi dengan Forkopimcam Cisolok untuk melakukan pembenahan. Tentu saja penataan ini tidak akan berjalan 100 persen bagus. Tapi setidaknya ada kesepahaman bahwa mereka (para pedagang) mau ditertibkan,” tegasnya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan sejumlah persiapan lainnya dalam hal ini sarana dan prasarana, dari mulai hotel, penginapan, rumah makan, dan lainnya.

“Intinya kan mereka yang datang ke sini bukan hanya mengikuti seminar atau rapat, tapi pasti ingin menjajal kuliner dan berwisata. Kita harus mempersiapkan itu,” bebernya.

Healthy City Summit 2024 akan dibuka di Grand Inna Samudera Beach Hotel (GISBH) Palabuhanratu. Menurut rencana, sekitar 600 peserta dari 38 provinsi se-Indonesia akan hadir dalam pertemuan kabupaten dan kota sehat tersebut.