RAGAMBAHASA.com || Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), mendampingi Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menerima kunjungan Pemerintah dan Plan Internasional Cambodia, Rabu (8/5/2024).

Kegiatan tersebut dalam rangka Penyampaian Policy Brief Pencegahan Perlindungan Anak dan Kunjungan Pemerintah Cambodia dan Plan International Cambodia.

Dalam paparannya, Bupati Marwan mengatakan, perkawinan anak menjadi isu perlindungan anak utama yang harus diatasi di Kabupaten Sukabumi. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengatasi isu ini. Terutama dalam rangka menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas.

“Pemkab Sukabumi merasa bangga dapat saling belajar dengan Pemerintah Cambodia dalam mencegah perkawinan anak,” kata Marwan.

Direktur Eksekutif Plan Indonesia Dini Widiastuti menyampaikan rasa bahagia atas kunjungan Plan Internasional Cambodia dan Pemerintah Cambodia untuk melihat langsung pencapaian Plan Indonesia dalam mencegah perkawinan anak.

Secretary Of State Kementerian Perempuan Cambodia, mengatakan kunjungan ke Indonesia bagian dari upaya membangun pengetahuan dan pengalaman di kalangan kelompok kerja teknis Kementerian Perempuan Cambodia dan Kementerian terkait lainnya serta para pemangku kepentingan serta tim Plan Internasional Cambodia.

“Kami akan merefleksikan pembelajaran ini lebih lanjut dalam perumusan dan implementasi rencana aksi nasional kami mengenai pencegahan pernikahan anak dan kehamilan remaja setelah kunjungan ini,” ujarnya.