RAGAMBAHASA.com || Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri secara resmi menutup kegiatan Kuliah Kerja Nyata – Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) tahun 2024 yang dilaksanakan oleh Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi. Penutupan berlangsung di Halaman Mesjid Jami Al Manshuriyyah, Desa Bencoy, Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabumi, pada Jumat (10/05).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati menyampaikan apresiasi atas kegiatan KKN Universitas Linggabuana PGRI di Kecamatan Cireunghas, yang dinilainya sangat membantu masyarakat terutama dalam bidang pendidikan.

“Selama pelaksanaan KKN, para mahasiswa telah mendapatkan pengalaman berharga di masyarakat. Dengan menerapkan ilmu dan keterampilan yang mereka peroleh di perguruan tinggi, mereka dapat berkontribusi secara langsung di lokasi KKN-PPM dengan memperhatikan situasi dan kondisi di lapangan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, wabup menekankan bahwa tema KKN-PPM “Mengembangkan Peran Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi Melalui Pemberdayaan Masyarakat dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGS)” merupakan rencana aksi global untuk mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan, dan melindungi lingkungan.

“Saya berharap kegiatan KKN ini dapat membantu mahasiswa mengasah soft skill, kemitraan, kerjasama tim, dan kepemimpinan dalam mengelola berbagai program pembangunan di wilayah perdesaan,” tambahnya.

Ketua Panitia Kegiatan, Farid Firdaus, menjelaskan bahwa pelaksanaan KKN berlangsung selama 3 minggu di lima desa Kecamatan Cireunghas, yakni Desa Cipurut, Cireunghas, Bencoy, Cikurutug, dan Tegalpanjang. Sebanyak 287 mahasiswa dibimbing oleh 35 dosen lapangan.

Selain kegiatan penutupan, dilakukan juga kegiatan khitanan massal dan cek kesehatan bagi warga desa di Desa Bencoy.

 

Wakil Rektor Linggabuana, Asep Deni, menyatakan bahwa ada tiga hal yang menjadi fokus utama KKN-PPM oleh Universitas Linggabuana, yaitu proses pembelajaran, kerja nyata, dan pemberdayaan.

“Selama 3 minggu, peserta KKN melakukan ketiga hal tersebut sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dan pemberdayaan di bidang pendidikan, kesehatan, sosial, ekonomi, dan UMKM,” jelasnya.

Di akhir acara, Wakil Bupati menyerahkan plakat dari Universitas Linggabuana kepada perwakilan Kecamatan Cireunghas dan Kades Bencoy sebagai apresiasi atas partisipasi dalam kegiatan KKN-PPM.