RAGAMBAHASA.com || Puluhan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Sukabumi turut meramaikan Festival Agrokuliner Nata Masagi Part Of Geopark Cullinary di Pantai Palangpang, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, pada hari Sabtu, 11 Mei 2024. Festival ini dibuka oleh Bupati Sukabumi, Marwan Hamami.

Festival ini menampilkan berbagai hiburan seperti tari tradisional, lomba memasak, dan lainnya.

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, menyatakan bahwa Festival Kuliner ini merupakan ajang promosi produk lokal dan pengembangan pariwisata berkelas internasional. Beliau yakin bahwa festival ini akan mendorong pelaku usaha untuk lebih kreatif dan inovatif.

“Festival kuliner ini diharapkan dapat meningkatkan daya tarik pariwisata untuk pertumbuhan ekonomi,” ujar Bupati.

Bupati menjelaskan bahwa festival nata masagi sejalan dengan Peraturan Presiden nomor 87 tahun 2021 tentang percepatan pembangunan kawasan rebana dan kawasan Jabar Selatan dalam meningkatkan investasi yang berdampak pada perekonomian masyarakat.

Beliau menegaskan bahwa percepatan pembangunan Jabar Selatan tidak mudah, sehingga perlu dilakukan secara terpadu dan terintegrasi oleh instansi terkait termasuk masyarakat.

Bupati juga mengajak seluruh OPD untuk berkomitmen dalam mengembangkan pariwisata kelas dunia yang dimiliki oleh Sukabumi.

“Kita semua harus terus bermimpi untuk mengembangkan pertumbuhan daerah,” tambahnya.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Jujun Juaeni, menjelaskan bahwa festival agrokuliner nata masagi part of geopark cullinary diikuti oleh 25 peserta dari pelaku UMKM, pelaku ekonomi kreatif, dan 10 peserta lomba memasak se-Kabupaten Sukabumi. Acara berlangsung selama dua hari mulai tanggal 11-12 Mei 2024.

Tujuan dari festival ini adalah untuk meningkatkan promosi pariwisata Kabupaten Sukabumi, sejalan dengan prioritas pembangunan provinsi Jawa Barat dan Perpres nomor 87 tahun 2021 tentang percepatan pembangunan kawasan rebana dan kawasan Jabar Selatan.

Kepala Dinas Pariwisata optimis bahwa kegiatan ini akan mendorong promosi wisata dan penataan kawasan CPUGGp.

Di akhir acara, Bupati Sukabumi meninjau berbagai stan festival agrokuliner nata masagi part of geopark cullinary.