RAGAMBAHASA.com || Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menggelar Geopark Ciletuh Run 2024. Event digelar di Pantai Palangpang Ciletuh-Palabihanratu Unesco Global Geopark (CPUGG), Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Minggu (12/5/24).

Berdasarkan pantauan Sukabuminow.com, Geopark Ciletuh Run 2024 diikuti sekitar 600 peserta dari berbagai daerah. Dua kategori jarak diperlombakan dalam event tersebut, di antaranya 5 kilometer dan 10 kilometer.

“Kami sangat bersyukur Geopark Run Series 2024 ini dimulai dari Ciletuh Palabuhanratu. Para peserta berlomba ditemani pemandangan indah kawasan CPUGG sepanjang lintasan. Sehingga runners akan mendapatkan pengalaman seru saat mengikuti event turisme ini,” tutur Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, usai melepas peserta.

Geopark Run Series 2024 diselenggarakan di lima geopark di Indonesia. Selain CPUGG, event serupa akan digelar juga di Geopark Nasional Meratus, Maros Pangkep UGGP, Rinjani Lombok UGGP, dan Belitong UGGP. Marwan mengaku bersyukur, CPUGG menjadi tempat pertama penyelenggaraan event.

“Event ini sebagai simbol semangat pemerintah untuk mempromosikan keindahan alam dan potensi pariwisata yang dimiliki. Kami harap, pesona alam dan budaya Kabupaten Sukabumi akan semakin terkenal di mata dunia melalui event ini,” ujarnya.

Selain wisata alam, Pemerintah Kabupaten Sukabumi juga tengah konsen pengembangan geofood sebagai strategi inovatif Unesco. Marwan mengajak seluruh pihak untuk memanfaatkan Geopark Run Series 2024 sebagai momen agar lebih peduli terhadap pariwisata lokal.

“Mari kita wujudkan dan muliakan warisan bumi untuk menyejahterakan manusia sebagai motto geopark,” tandasnya.