RAGAMBAHASA,com || Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sukabumi mengadakan seleksi dan evaluasi untuk siswa-siswi penghafal Alquran (hafiz) tingkat SMP se-Kabupaten Sukabumi.

Kegiatan ini dilaksanakan di SMPN 1 Cikembar, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, pada hari Rabu (22/5/2024).

Kepala Seksi Kesiswaan dan Manajemen SMP Disdik Kabupaten Sukabumi, Devi Indra Kusumah, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program prioritas Bupati Sukabumi dan telah berlangsung selama tiga tahun.

“Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT serta membentuk akhlak mulia,” ujar Devi. Ia juga menyebutkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan generasi yang mencintai Alquran dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Kami ingin membangkitkan semangat para peserta didik agar lebih bersemangat dalam mempelajari, menghafal, dan memahami Alquran. Kegiatan ini juga menjadi tolok ukur keberhasilan pembinaan Pendidikan Agama Islam di sekolah, khususnya dalam bidang hafiz Alquran,” tambahnya.

Pada seleksi dan evaluasi hafiz Alquran tingkat SMP tahun 2024 ini, sebanyak 116 peserta didik bersaing untuk mendapatkan 64 beasiswa hafiz dengan nilai masing-masing Rp 5 juta. “Kami berharap kegiatan ini dapat memotivasi siswa-siswi untuk terus menghafal dan memahami Alquran serta mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari,” ungkap Devi.