RAGAMBAHASA.com || Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami, menerima kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno, pada acara Festival dan Gelar Budaya Hari Nelayan Palabuhanratu ke-64 Tahun 2024, yang berlangsung di Dermaga 1 PPNP Palabuhanratu, Kamis (23/5/2024).

Dalam kunjungan tersebut, Menparekraf mengumumkan bahwa Festival dan Gelar Budaya Hari Nelayan Palabuhanratu ke-64 kembali masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Berbagai kesenian ditampilkan untuk menyambut kedatangan Menteri di Palabuhanratu, mulai dari tari-tarian tradisional hingga atraksi laes.

Menparekraf menyatakan bahwa pariwisata di Kabupaten Sukabumi telah membawa perubahan signifikan terhadap taraf perekonomian masyarakat. Dahulu, banyak perempuan di Kabupaten Sukabumi bekerja sebagai tenaga kerja luar negeri, namun kini mereka telah menjadi pengusaha, baik sebagai pemilik homestay maupun pelaku UMKM.

“Event ini akan kita tingkatkan untuk pertumbuhan ekonomi yang lebih baik,” ujarnya.

Selain Festival Hari Nelayan Palabuhanratu, Menparekraf juga berkomitmen untuk terus mendorong potensi lain agar masuk dalam kalender event tahunan atau KEN, seperti Atraksi Laes dan Event Cimaja Surf Festival.

“Atraksi laes ini luar biasa, daya tariknya bisa dikembangkan menjadi event tersendiri dan bisa digabungkan dengan pengembangan Desa Adat yang ada di Kabupaten Sukabumi,” jelasnya.

Menparekraf mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama mendorong promosi dan peningkatan kunjungan wisatawan.

“Ini adalah kontribusi positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.