RAGAMBAHASA.com || Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, menyambut baik peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi 2024 yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Sukabumi di GISBH Palabuhanratu, pada Sabtu (8/6/24) malam.

Pada kesempatan tersebut, Marwan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersatu dan saling mengawasi agar Pilkada berjalan dengan baik, sehingga dapat menghasilkan pemimpin terpilih yang terbaik dan diharapkan oleh masyarakat.

“Kita semua bertujuan untuk membangun Sukabumi, jadi jangan saling menjatuhkan. Kita harus berpikir bersama untuk membangun Sukabumi dan Jawa Barat. Fokus pada pemikiran pembangunan saja yang disampaikan. Jangan sampai proses di luar itu menyebabkan perpecahan,” ujarnya.

Marwan juga mengingatkan sejumlah pihak terkait, terutama kepala desa, untuk tetap netral dalam Pilkada mendatang. Ia menekankan bahwa kepala desa adalah pemimpin yang harus bijak, karena arah politik pribadi kepala desa akan menjadi cerminan bagi masyarakat.

“Kita terus mengingatkan agar tidak mengulangi kesalahan yang sama, karena kepala desa adalah bagian terdepan dari pemerintahan. Mereka harus netral untuk mengajak masyarakat. Jika kepala desa memilih pihak tertentu, masyarakat akan berpikir bahwa kepala desa berpihak pada pihak tersebut. Itu yang menjadi masalah,” katanya.

Ia menegaskan akan menindak kepala desa yang terbukti tidak netral dalam Pilkada mendatang. Marwan memastikan akan memberikan sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Teguran pertama dan kedua akan diberikan. Pada teguran ketiga, akan ada sanksi. Jika sudah masuk ke pelaksanaan pemilihan, kita serahkan kepada Panwas. Saat ini masih menjadi tanggung jawab kita karena belum masuk ke tahapan pemilu. Meskipun tahapan sudah dimulai, tetapi belum masuk tahap pendaftaran,” tutupnya.