RAGAMBAHASA.com || Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, menjadi pembicara dalam seminar nasional yang diselenggarakan oleh BEM Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) di Gedung Islamic Center Kota Sukabumi, pada hari Senin (10/6/24). Dalam kesempatan tersebut, Marwan memberikan motivasi serta gambaran mengenai masa depan dunia pertanian kepada para peserta yang hadir.

“Masa depan bangsa ini salah satunya bergantung pada sektor pertanian,” ujar Marwan dalam kegiatan yang mengusung tema ‘Harmonisasi Bumi Menyelaraskan Pertanian dan Kelestarian Lingkungan’.

Menurut Marwan, pekerjaan di sektor pertanian pada masa depan akan sangat luar biasa, seiring dengan perkembangan teknologi. Sebab, sebagian besar pekerjaan lain dapat digantikan oleh teknologi. Oleh karena itu, pekerjaan di sektor pertanian di masa depan akan menjadi lebih canggih.

“Mahasiswa pertanian harus terus mengembangkan kemampuannya. Manfaatkan ilmu yang diperoleh selama kuliah secara langsung. Geluti prospek di sektor pertanian. Jangan sampai ilmu yang dimiliki tidak dimanfaatkan,” tegasnya.

Ia juga menekankan bahwa Pemerintah Kabupaten Sukabumi memberikan kesempatan untuk mengaplikasikan ilmu yang dimiliki. Hal ini dibuktikan dengan adanya sejumlah demplot yang bisa dimanfaatkan untuk belajar pertanian.

“Kami memiliki sejumlah demplot yang dapat dimanfaatkan untuk belajar pertanian. Mahasiswa UMMI juga bisa bermitra dengan Dinas Pertanian dalam membangun Kabupaten Sukabumi. Potensi kita sangat luar biasa, tinggal dioptimalkan untuk kemaslahatan umat,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Dekan Fakultas Pertanian UMMI, Amalia Nur Milla, menambahkan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat membuka wawasan mahasiswa lebih luas sehingga mereka dapat berkontribusi dalam pembangunan di Indonesia.

“Dengan generasi muda yang kreatif, cerdas, dan berakhlakul karimah, pertanian di Indonesia dapat semakin maju,” yakinnya.