RAGAMBAHASA.com || Bendungan irigasi di Kampung Cipicung RT 13/RW 003 Desa Mekarasih, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi jebol, akibat tidak mampu menahan luapan air Sungai Cimandiri saat hujan deras yang melanda wilayah tersebut pada Selasa, 11 Juni 2024 sore.

“Kejadian terjadi sekitar pukul 16.00 WIB kemarin. Bendungan irigasi sawah jebol dengan panjang sekitar 50 meter dan lebar 2 meter,” jelas Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Simpenan, Dandi Sulaeman, pada Rabu (12/6/2024).

Dandi menyebut bahwa setelah jebolnya bendungan, ditemukan kerusakan pada pintu air dan juga terdapat kebocoran di bagian bawah bendungan.

“Akibat jebolnya bendungan irigasi, akan terjadi kekeringan di pesawahan Blok Mekarasih. Saat ini, masyarakat sedang melakukan penanganan sementara untuk memastikan air tetap mengalir ke pesawahan warga,” tambahnya.

Kepala UPTD Pekerjaan Umum (PU) Wilayah IV Palabuhanratu, Edi Mulyadi, juga membenarkan kejadian jebolnya bendungan irigasi di Desa Mekarsari. Ia telah melaporkan kejadian ini kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Iya, bendungan jebol karena banjir. Telah dilaporkan ke BPBD, semoga ada kerjasama antara BPBD dan Dinas PU bidang SDA (Sumber Daya Air),” ujar Edi.

Edi menyebut bahwa setelah kejadian, tim teknis dari Bidang SDA Dinas PU telah melakukan pemeriksaan di lokasi. Saat ini, kondisi jebolnya bendungan irigasi sedang dievaluasi bersama BPBD.