RAGAMBAHASA.com || Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, secara resmi meluncurkan Pembukaan Mal Pelayanan Publik (MPP) Bergerak dan Inovasi Layanan Keliling Kemudahan Berusaha Terpadu, Satu Atap Satu Pintu (LINK-SATU). Acara ujicoba tersebut diselenggarakan di Aula Setda, Palabuhanratu, pada Kamis (20/6/24).

“MPP ini telah menjadi impian kami sejak 2005. Namun, karena pada saat itu mungkin belum menjadi prioritas dan kebutuhan, akhirnya belum diimplementasikan. Kini, kami menginisiasi pelayanan terpadu satu pintu ini,” ujar Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, dalam sambutannya.

Beliau menjelaskan bahwa pada tahun 2005 hingga 2010, Kabupaten Sukabumi telah masuk dalam lima besar daerah yang memberikan kemudahan dalam proses perizinan. Beliau juga menyatakan antusiasmenya terhadap kehadiran MPP yang digagas oleh DPMPTSP Kabupaten Sukabumi tersebut.

“Semoga MPP ini dapat mempercepat peningkatan investasi. Diharapkan juga dapat memfasilitasi masyarakat dan para investor dalam mengurus perizinan,” katanya.

Di tempat yang sama, Kepala DPMPTSP Kabupaten Sukabumi, Ali Iskandar, menyatakan bahwa MPP Bergerak dan Inovasi LINK-SATU melibatkan 75 jenis layanan dari 30 unit layanan.

“MPP Bergerak ini merupakan persiapan menuju MPP konvensional yang akan dilaksanakan pada bulan September, bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Sukabumi. Kami diberi amanah untuk melaksanakan ini sebelum pelantikan Presiden Ke-8 dan sebelum Pilkada di bulan November,” ujarnya.

Pembukaan MPP Bergerak dan Inovasi LINK-SATU juga diwarnai dengan perjanjian penempatan layanan dari 29 perangkat daerah, 11 instansi vertikal, dan enam unit layanan pihak ketiga. Ali menyebutkan bahwa MPP Bergerak akan terus dilaksanakan hingga MPP konvensional diberlakukan pada bulan September mendatang.

“Ini adalah gambaran untuk bulan September nanti. Kami akan melaksanakan MPP di lima titik, tiga titik di wilayah selatan dan dua titik di utara. Semoga semua berjalan lancar. Kami mohon dukungan dari semua pihak dan mengucapkan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan,” pungkasnya.