Dinas Pariwisata (Dispar) dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Sukabumi menghadiri Lomba Mancing Pinggiran (Ngabalang) Bupati Cup 2024, di Pantai Sangrawayang, Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan, pada hari Kamis, 23 Mei 2024. Lomba Ngabalang ini dibuka langsung oleh Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami.

Bupati Sukabumi menyatakan, lomba ngabalang merupakan salah satu ajang promosi wilayah dan dapat merangsang pola pikir masyarakat dalam pengembangan kawasan destinasi wisata.

“Jika kegiatan seperti ini dilakukan secara rutin, maka pengembangan wilayahnya akan lebih mudah,” ujarnya.

Bupati menjelaskan bahwa kawasan Sangrawayang memiliki potensi besar untuk pengembangan wisata pancing, karena terdapat terumbu karang yang kaya akan ikan.

“Tempat ini sangat berpotensi jika dikelola dengan baik. Mari kita jaga habitat alam yang ada di tempat ini,” tambahnya.

Penyelenggaraan lomba ngabalang di Pantai Sangrawayang menunjukkan bahwa wisata mancing sangat menjanjikan untuk menarik wisatawan, karena banyak peserta dari luar Kabupaten Sukabumi yang tertarik untuk ikut serta.

Bupati mengajak masyarakat sekitar untuk menjaga dan mengelola kawasan tersebut dengan sebaik-baiknya.

“Rawatlah tempat ini dan hindari kerusakan alam dengan menciptakan lingkungan yang bersih,” pesannya.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Jujun Juaeni menambahkan bahwa pihaknya akan berupaya memberikan pembinaan kepada masyarakat agar mereka dapat menjadi pelayan atau pedagang yang memberikan kepuasan kepada pengunjung yang datang.

“Semoga para wisatawan dapat merasakan pengalaman yang berkesan saat berkunjung ke tempat ini,” katanya.

Kategori lomba adalah peserta yang berhasil menangkap ikan terberat akan menjadi juara. Juara pertama akan mendapatkan hadiah sebesar Rp2 juta, juara kedua Rp1,5 juta, dan juara ketiga Rp1 juta.

Lomba Ngabalang dimulai dengan lemparan pancing pertama oleh Bupati Sukabumi. Selama acara, Bupati Sukabumi juga memberikan santunan kepada anak yatim dan panti jompo.