RAGAMBAHASA.com || Dalam rangka mengantisipasi kerusakan parah akibat bobot kendaraan yang semakin banyak melintas setiap harinya, Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi melakukan perbaikan pada ruas jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu.

Kepala UPTD Wilayah IV Palabuhanratu, Edy Mulyadi, menyatakan bahwa perbaikan jalan dilakukan sepanjang 2,35 KM, dengan rincian perbaikan overlay sepanjang 1,5 KM dan tambal sulam pemeliharaan di kiri kanan jalan sepanjang 0 hingga 500 meter.

Selain itu, kata Edi, perbaikan jalan juga dilakukan dengan penambahan sambungan beton pada badan jalan sepanjang 80 meter dan tambal sulam rutin dari beton sampai STA akhir sepanjang kurang lebih 2 +350 meter.

“Perbaikan ini sangat diperlukan untuk ruas jalan Sudirman karena jumlah kendaraan yang melintas cukup banyak,” ujar Edi saat diwawancarai oleh Radar Sukabumi pada hari Senin, (24/6).

“Jalan ini termasuk jalan perkotaan yang sudah memasuki masa peningkatan, sehingga perbaikan rutin dan peningkatan sangat diperlukan,” tambahnya.

Untuk anggaran perbaikan jalan Sudirman, Edi menjelaskan bahwa anggaran tersebut berasal dari DAK (Dana Alokasi Khusus) sebesar 3,4 Miliar yang proses pelaksanaannya dilakukan oleh pihak ketiga atau rekanan dinas pekerjaan umum.

“Saat ini proses perbaikan masih berlangsung, dan hasil pemantauan lapangan menunjukkan bahwa pengaspalan dengan hotmix sudah dilakukan,” jelasnya.

Edi berharap dengan adanya perbaikan dan peningkatan pada jalan Jenderal Sudirman ini, kedepannya jalan tersebut akan lebih mulus, awet, dan masyarakat dapat ikut serta dalam menjaga jalan tersebut.

“Semoga dengan kondisi jalan yang lebih baik ini dapat memberikan manfaat, lancar bagi arus lalu lintas, dan meningkatkan perekonomian masyarakat,” ungkapnya.