RAGAMBAHASA.com || Dalam rangka menyambut pelaksanaan kegiatan Kota dan Kabupaten Sehat atau HCS (Healty Cities Summit) 2024 di akhir Juli mendatang, Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi terus melakukan berbagai persiapan.

Salah satu persiapan yang dilakukan adalah mempersiapkan kawasan wisata di Kabupaten Sukabumi, khususnya di wilayah Palabuhanratu dan sekitarnya, untuk dikunjungi oleh para peserta dari kegiatan Healty Cities Summit 2024 nanti.

“Saati ini, kami dari Dinas Pariwisata sedang berupaya untuk menjadikan tempat wisata tersebut layak dikunjungi, baik dari segi kebersihan, kenyamanan, maupun keamanan,” ujar Jujun Juaeni, Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi.

Persiapan yang dilakukan, kata Jujun, sama seperti dinas atau organisasi perangkat daerah lainnya, yang terus berusaha memaksimalkan peran masing-masing. Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi juga berupaya menjaga kebersihan tempat wisata.

“Sama seperti OPD lain, kami berusaha untuk menjaga pantai tetap bersih. Kami yakin upaya yang kami lakukan ini dapat berjalan terus-menerus karena kemampuan kami,” jelasnya.

Jujun melanjutkan, hingga saat ini telah dilakukan upaya baik dari segi alat, personil, serta melibatkan peran serta masyarakat. Hal ini merupakan kekuatan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan pemerintah dalam melaksanakan program bersih-bersih sampah di pantai.

“Kami terus berkoordinasi dan bekerjasama dengan semua pihak, baik masyarakat maupun pemerintah, serta pihak swasta, untuk bersama-sama menciptakan wisata yang sangat representatif,” paparnya.

“Tidak hanya itu, kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk memperbaiki sarana di sekitar geyser. Mudah-mudahan ada anggaran, namun jika tidak ada anggaran, kami akan merapihkan sesuai dengan kemampuan dinas,” tandasnya.