RAGAMBAHASA.com || Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi dari Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar), Ujang Abdurohim Rochmi, yang juga dikenal sebagai Dewan Batman, menghadiri pembukaan syukuran Hari Nelayan Palangpang ke-67 di Pantai Palangpang, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis (4/7/2024).

Syukuran nelayan ini menjadi bagian dari festival seni budaya Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark (CPUGGp) yang berlangsung dari tanggal 4 hingga 9 Juli 2024. Acara dibuka oleh Staf Ahli Bupati Sukabumi, Ahmad Syamsul Bahri, didampingi oleh Dewan Batman, Ketua HNSI Kabupaten Sukabumi, dan Forkopimcam Ciemas.

Pembukaan syukuran nelayan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti upacara, penampilan tari Jipeng dengan 1.000 peserta, penaburan benih lobster, penaburan benih ikan tawar, pentas seni budaya, lomba marawis, dan bazar UMKM. “Banyak kegiatan, baik bakti sosial, seni budaya, maupun perlombaan lainnya,” kata Camat Ciemas, Usep Supelita.

“Semoga acara ini dapat berjalan dengan lancar dan terima kasih kepada panitia serta selamat kepada para nelayan. Ini adalah agenda tahunan nelayan Ciwaru (Palangpang). Tahun ini, temanya adalah mari kita lestarikan situs budaya dan alam Geopark Ciletuh, lanjutkan kebaikan, jaga kekompakan, bersama kita bisa,” ujar Dewan Batman.

“Selamat kepada para nelayan. Terima kasih kepada Pemda Kabupaten Sukabumi, panitia, dan seluruh warga. Semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar,” tambahnya.