Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sukabumi mendukung keberlangsungan acara Syukuran Nelayan Palangpang, Desa Ciwaru kecamatan Ciemas, kabupaten Sukabumi, Kamis (4/7/2024).

Syukuran dimeriahkan performa seni tradisional diantaranya Pentas tari jipeng oleh masyarakat, siswa PAUD, SD, SMP dan SMA se kecamatan Ciemas.

Acara tersebut mengusung Tema  “Dengan Syukuran Nelayan Desa Ciwaru ke 67 Mari Kita jaga dan lestarikan situs budaya dan alam geopark ciletuh lanjutkan kebaikan jaga kekompakan bersama kita bisa”.

Dinas Pariwisata turut berbahagia dan syukur ke pada Allah SWT atas rezeki hasil laut khususnya untuk nelayan Ciwaru. Selain syukuran, acara ini juga merupakan potensi besar dalam meningkatkan pariwisata di Geopark Ciletuh ini.

Inpres no 7 tahun 2015 tentang percepatan pembangunan industri perikanan menjadi payung hukum bagi pemda Kabupaten Sukabumi agar menjadi semangat untuk meningkatkan industri perikanan.

Kegiatan syukuran nelayan desa ciwaru juga harus dimanfaatkan sebagai sarana promosi geopark ciletuh Palabuhanratu agar dapat menarik wisatawan baik dalam dan luar negeri, artinya Keberagaman potensi alam dan budaya harus dikembangkan dengan baik.