RAGAMBAHASA.com || Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri mewakili Bupati hadir dalam acara Geoturism Festival & Konferensi Internasional atau GeoFest ke-5 di UGGp Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 5 hingga 7 Juli 2024 ini merupakan acara tahunan yang membahas isu-isu strategis terkait edukasi, konservasi, mitigasi bencana, dan pengembangan SDM dalam bidang geowisata.

Kegiatan ini sejalan dengan beberapa arah kebijakan yang termaktub dalam prioritas nasional dan daerah, seperti peningkatan kualitas pendidikan, penguatan riset terapan, pengembangan SDM yang berkualitas dan berdaya saing, pembangunan rendah karbon, serta penguatan infrastruktur untuk mendukung pengembangan ekonomi, pelestarian lingkungan, peningkatan ketahanan bencana, dan adaptasi perubahan iklim.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Iyos menjadi pembicara atau narasumber. Ia menyampaikan tentang kebijakan Pemerintah Kabupaten Sukabumi dalam pengelolaan Geopark Ciletuh Palabuhanratu.

“Kami telah menyampaikan kepada para peserta bahwa pembangunan Geopark ini harus memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat. Di sisi lain, kita juga harus memperhatikan keberlanjutan bumi, sehingga setiap kegiatan di kawasan geopark harus sesuai dengan tata ruang, ketentuan, dan regulasi yang berlaku,” jelasnya.