RAGAMBAHASA.com || Dihadiri Dinas Budaya Pemuda dan Olahraga (Disbudpora), ratusan masyarakat menyaksikan acara syukuran nelayan Desa Ciwaru Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi di Pantai Palangpang, Kamis (4/7/2024).

Syukuran dimeriahkan dengan atraksi kesenian tradisional diantaranya pentas tari Jipeng oleh masyarakat, siswa PAUD, SD, SMP dan SMA se-Kecamatan Ciemas.

Acara yang mengusung tema “Dengan Syukuran Nelayan Desa Ciwaru ke-67 Mari Kita jaga dan lestarikan situs budaya dan alam Geopark Ciletuh lanjutkan kebaikan jaga kekompakan bersama kita bisa” tersebut dihadiri Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Ahmad Samsul Bahri.

Dalam kesempatan itu, Staf Ahli membacakan sambutan Bupati Sukabumi. Dia menyatakan ungkapan rasa turut berbahagia dan syukur ke hadirat Allah SWT atas rezeki dan limpahan nikmat berupa hasil laut khususnya bagi nelayan Ciwaru.

“Mudah-mudahan menjadi berkah dan semoga pendapatan para nelayan dari waktu ke waktu bisa terus meningkat  dan menyejahterakan,” ujarnya.

Ditekankan pula bahwa Inpres no 7 tahun 2015 tentang percepatan pembangunan industri perikanan menjadi payung hukum bagi pemda kab. Sukabumi agar menjadi semangat untuk meningkatkan industri perikanan

“Karena itu Potensi  di bidang perikanan harus dikelola dengan cerdas agar bisa bermanfaat penuh bagi seluruh masyarakat” jelasnya.

Kegiatan syukuran nelayan desa ciwaru juga harus dimanfaatkan sebagai sarana promosi geopark ciletuh Palabuhanratu agar dapat menarik wisatawan baik dalam dan luar negeri, artinya Keberagaman potensi alam dan budaya harus dikembangkan dengan baik

“Kegiatan ini harus juga harus merangkul pelaku UMKM yang ada di wilayah agar semakin dikenal dan meningkatkan daya dan nilai jualnya” imbuhnya.

Melalui sambutan tertulisnya itu,  Bupati Sukabumi juga menyampaikan  terima kasih kepada semua unsur terkait yang sudah membantu kelancaran kegiatan  sehingga berjalan dengan baik

” Harapannya seluruh komponen masyarakat dan stakeholder dapat bersinergi dengan baik agar visi dam misi kab. Sukabumi khususnya pemberdayaan masyarakat dapat terwujud,” harapnya.

Tampak hadir Kadis Perikanan Kabupaten Sukabumi, Sekdis Budpora, unsur Bapenda,  Forkopimcam kec. Ciemas, Kepala Polairud, polres sukabumi, Anggota DPRD,. Tokoh Pemuda.

Tak ketinggalan hadir pula tokoh Masyarakat. Tokoh Agama. Unsur TNI. Kades Desa Ciwaru, unsur. Dinas Pariwisata, Badan Pengelola Geopark Ciletuh Palabuhanratu dan Ketua himpunan nelayan Kabupaten Sukabumi.