RAGAMBAHASA.com || Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi melalui Bidang Bina Marga mengadakan rapat pra konstruksi atau Pre Construction Meeting (PCM) untuk membahas persiapan pelaksanaan pekerjaan sebelum dimulainya proyek. PCM merupakan langkah awal yang diadakan setelah penerbitan Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) guna membahas berbagai aspek terkait pelaksanaan pekerjaan. Acara ini dilaksanakan di Aula Kantor Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas PU Kabupaten Sukabumi, Jalan Raya Palabuhan II, Kota Sukabumi, pada Kamis (05/07/24).

Rapat tersebut dihadiri oleh para kontraktor rekanan CV yang akan melaksanakan pekerjaan yang dibutuhkan oleh Dinas PU Kabupaten Sukabumi. Hadir juga jajaran Dinas PU, termasuk Kepala Dinas PU Kabupaten Sukabumi, Kepala Bidang Bina Marga selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Kepala UPTD di berbagai wilayah di Kabupaten Sukabumi, dan para pengawas yang akan bertugas di masing-masing wilayah kerjanya.

Kepala Dinas PU Kabupaten Sukabumi, Drs. Dede Rukaya, menyampaikan bahwa rapat PCM ini bertujuan untuk membahas semua kegiatan dengan berbagai jenis pekerjaan, mulai dari rekonstruksi hingga pemeliharaan jalan kabupaten. Diharapkan proyek-proyek tersebut dapat dimulai pada pertengahan bulan Juli ini.

“Untuk waktu pengerjaannya bervariasi sesuai anggaran atau pagu yang tercantum dalam SPK. Ada juga jenis pekerjaan yang dilakukan melalui penunjukan langsung,” jelas Dede.

Lebih lanjut, Dede menekankan pentingnya mematuhi aturan-aturan yang berlaku dari awal hingga akhir oleh pihak rekanan pemborong. Sedikit kelalaian terhadap aturan dapat berdampak pada konstruksi, perangkat kegiatan, maupun pihak dinas. Oleh karena itu, semua pihak diharapkan mematuhi aturan yang telah ditetapkan.

Ia juga berpesan kepada semua pihak agar dapat mematuhi aturan dalam segi waktu, mutu, dan kualitas pekerjaan, serta kuantitas dan fakta di lapangan. Komunikasi dan koordinasi dengan warga serta muspika setempat juga tidak boleh diabaikan.

“Semua itu harus terjalin dengan sangat baik. Sekali lagi, saya tegaskan agar semua bisa mematuhi aturan hingga semuanya bisa berjalan dengan baik dan lancar. Kami berharap masyarakat dan pengguna senantiasa menjaga dan merawat hasil pekerjaan agar bangunan yang telah dikerjakan bisa bertahan lama,” pungkasnya.