RAGAMBAHASA.com || Acara pisah sambut Kapolres Sukabumi Kota dari AKBP Ari Setiawan Wibowo S.H., S.I.K., M.Si., kepada AKBP Rita Suwadi S.H., S.,Ik., M.M., berlangsung di Gedung Grand Sulanjana, Jalan Selabintana,  KM.4, Desa Warnasari, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Jum’at (19/07/2024).

Dalam kesempatan ini dihadiri oleh Dandim 0607/Kota Sukabumi Letkol Inf. Yudhi Hariyanto S.Hub.Int., AKBP Ari Setiawan Wibowo, S.H., S.I.K., M.Si., (Pejabat lama Kapolres Sukabumi Kota), AKBP Rita Suwadi S.H., S.Ik., M.M., (Pejabat baru Kapolres Sukabumi Kota), Danyon Armed 13/Nanggala Letkol Arm. Wahib Mustofa Fathurahman M.Han., Dansubdenpom Sukabumi Kapten Cpm. Tomy, Ketua DPRD Kota Sukabumi H. Kamal, Kepala Kejari Kota Sukabumi Setiyowati S.H., M.H., Kepala Pengadilan Negeri Sukabumi Yusuf Syamsuddin S.H., M.H., Kepala Kemenag Kota Sukabumi Samsul Fuad, Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman, Asda 3 Kota Sukabumi M. Hasan, Tri Romadhon (Kaban Kesbangpol Kabupaten Sukabumi), sejumlah Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat Kota/Kabupaten Sukabumi.

Dalam sambutannya, AKBP Ari Setiawan Wibowo S.H., S.I.K., M.Si., (Pejabat lama Kapolres Sukabumi Kota) mengatakan, “Saya mohon izin pamit, kurang lebih 1 tahun 3 bulan telah melaksanakan tugas di wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi. Sehingga kami disini menyampaikan penghargaan setinggi tingginya kepada Forkopimda dan warga masyarakat Sukabumi atas kerjasama dorongan dan motivasi,” katanya

Lebih lanjut, AKBP Ari menuturkan, “Mustahil, saya tanpa ada dukungan dari semua pihak bisa menjalankan tugas di Sukabumi sebagai Kapolres. Sukabumi terkenal dengan kota kecil sejuta cerita, dan sejuta cinta, Intinya Sukabumi sangat luar biasa dan menjadi bagian sejarah saya dalam menjalankan tugas selama di Kepolisian,” sambungnya.

Menurutnya, pejabat Kapolres yang baru akan lebih baik dibawah pimpinan Ibu Rita Suwadi.

“Kami mohon izin diri untuk menjadi Kapolres Indramayu, dan mohon doanya, kami bisa menjaga amanah dengan sebaik-baiknya dalam jabatan yang baru,” pungkasnya.

Sementara itu, selaku Pejabat baru Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Rita Suwadi S.H., S.,I.K., M.M., menyampaikan, “Alhamdulillah saya bisa hadir di Sukabumi dengan begitu banyak cerita. Saya harapkan dengan hadirnya saya bisa jauh lebih bersinergi lagi. Tidak ada yang kebetulan karena sudah diatur oleh ALLAH S.W.T, dengan saya ditugaskan kepada saya berada di Sukabumi,” ujarnya.

Ia pun memperkenalkan, “Saya asli dari Subang dan besar di Bekasi. Riwayat tugas di Lampung, Yogyakarta, Bandung dan Lemdiklat Polri dan sekarang berada di Sukabumi. Insya Allah, saya siap menjalankan tugas ke depan,” imbuhnya.

Hal Serupa, mewakili Tokoh Masyarakat Kota Sukabumi, Prof. Dr. KH. Fajar Laksana menyampaikan ucapan selamat datang kepada Kapolres Sukabumi Kota yang baru, dan selamat jalan kepada Kapolres Sukabumi Kota yang lama.

“Banyak terimakasih saya ucapkan kepada Kapolres Sukabumi Kota karena pembangunan di Kota Sukabumi tidak akan terwujud tanpa dukungan dari Kapolres Sukabumi Kota, dengan menjaga kondusifitas wilayah,” katanya.

Menurutnya, bahwa keamanan itu ada pada TNI dan Polri. Maka dari itu, lanjut Fajar, harus sinergi dan sudah teruji untuk di wilayah Sukabumi. Sehingga aman damai dengan Pilpres yang sudah dilewati dengan kondusif.

“Tidak ada yang sempurna dalam hidup ini tapi teruslah berbuat kebaikan.
Dengan datangnya Kapolres Sukabumi Kota yang baru dijabat seorang perempuan yang pasti handal untuk menuju Indonesia Emas,” sambungnya.

Di penghujung sambutannya, Fajar menerangkan, bahwa hari ini peluang kerja tidak selaras dengan para calon pencari kerja.

“Maka itu kami berharap Kepolisian bisa membantu menciptakan lapangan pekerja. Sukabumi hari ini kota paling sehat, tapi tolong penyakit yang paling bahaya adalah Korupsi dan itu harus diberantas,” pintanya.

Sedangkan, mewakili PJ Walikota Sukabumi, M. Hasan (Asda 3 Kota Sukabumi) menyampaikan permohonan maaf dari Pj. Walikota tidak dapat hadir karena ada kegiatan seluruh pimpinan daerah di Kota Bandung.

Bagi Aparatur Negara, seperti TNI, Polri, dan PNS terjadi pergantian kepemimpinan adalah hal yang memang harus terjadi untuk regulasi jabatan.

“Di peringatan tahun baru, dan malam hari raya selalu bersama-sama menjaga kondusifitas wilayah, terimakasih kepada AKBP Ari yang telah mewarnai Kota Sukabumi. Perbaikan dan langkah-langkah yang telah dilakukan oleh AKBP Ari tolong lanjutkan. Dan selamat datang kepada AKBP Rita Suwandi Kapolres Sukabumi Kota yang baru, semoga tetap sinergi dan solid,” tandasnya.