RAGAMBAHASA.com || Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi menyambut baik kunjungan studi banding mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) yang dilaksanakan pada Jumat, 19 Juli 2024, di Ruang Badan Musyawarah (Bamus) DPRD di Kompleks Perkantoran Jajaway, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu.

Ketua Fraksi Partai Demokrat, Badri Suhendi, menyampaikan rasa bangga dan senangnya atas inisiatif mahasiswa UMMI untuk mempelajari lebih dalam tentang lembaga legislatif.

“Tentunya saya secara pribadi dan lembaga merasa senang dan bangga ada dari sebuah kampus universitas yang mau untuk mendalami tentang lembaga legislatif. Ini sesuatu yang baru dilakukan oleh sebuah universitas,” ujar Badri pada Sabtu (20/7/2024).

Dalam studi banding ini, mahasiswa mendalami berbagai aspek kelembagaan DPRD, termasuk tugas dan fungsi, alat kelengkapan, serta dinamika politik di Kabupaten Sukabumi.

“Mereka ada ketertarikan mendalami tentang kelembagaan DPRD karena memang mereka dari Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM),” jelas Badri.

Badri berharap, kegiatan ini dapat mendorong peran aktif mahasiswa dalam dunia politik serta meningkatkan pemahaman mereka tentang fungsi legislatif.

“Harapannya agar mereka proaktif dan berperan, sekaligus bisa berkontribusi terhadap persoalan dunia politik karena membangun bangsa, khususnya di Kabupaten Sukabumi, tidak lepas dari peranan politik,” ungkapnya.

Badri juga menambahkan bahwa keterlibatan mahasiswa dalam politik diharapkan dapat membawa inovasi baru dalam kebijakan.

“Saya punya pemikiran jika para mahasiswa tertarik dan mau terjun ke politik, tentu akan mengubah warna kebijakan. Inovasi-inovasi yang baik karena mereka sudah sarjana dan punya kemampuan secara intelektual yang mumpuni,” tambahnya.