RAGAMBAHASA.com || Mengawali perhelatan Healthy Cities Summit (HCS) ke-6 tingkat Nasional tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Sukabumi sebagai tuan rumah menggelar Gala Dinner di Grand Inna Samudera Beach Hotel, Palabuhanratu, pada Minggu (28/7/2024).

Acara penyambutan ini dihadiri oleh Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami, Pejabat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Pejabat Kementerian Kesehatan, Pejabat Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (Kemen KLH), Pejabat Pemprov Jabar, serta para kepala daerah se-Indonesia, Wakil Bupati Sukabumi, Sekda, dan jajaran Forkopimda Kabupaten Sukabumi.

“Selamat datang di Palabuhanratu dan terima kasih atas partisipasinya dalam penyelenggaraan HCS ini,” ujar Bupati Marwan Hamami dalam sambutannya.

Di hadapan tamu undangan dan peserta HCS, Bupati Sukabumi juga menyampaikan bahwa untuk menikmati keindahan Kabupaten Sukabumi tidak cukup hanya satu atau dua hari saja. “Tak cukup satu atau dua hari untuk menikmati keindahan Kabupaten Sukabumi. Bapak dan ibu harus datang kembali bersama keluarga,” jelasnya.

Bupati berharap melalui kegiatan Healthy Cities Summit (HCS) ke-6 tingkat Nasional tahun 2024 ini akan ditemukan solusi dalam upaya penanganan stunting. “Selain untuk meningkatkan derajat kesehatan di masyarakat, semoga dalam kegiatan ini ada solusi untuk penanganan stunting, yang menjadi perhatian Presiden,” terangnya.

 

Di akhir sambutannya, Bupati berharap penyelenggaraan event HCS ke-6 ini dapat berjalan lancar. “Selamat mengikuti kegiatan ini,” pungkasnya.

Healthy Cities Summit (HCS) ke-6 tingkat Nasional tahun 2024 diselenggarakan di Kabupaten Sukabumi, tepatnya di Palabuhanratu, pada tanggal 28 hingga 31 Juli 2024.

Pada hari kedua HCS ke-6, Senin (29/7/2024), akan diadakan acara pembukaan resmi Healthy Cities Summit ke-6 tingkat Nasional tahun 2024, yang dilanjutkan dengan pencanangan penanaman satu juta pohon secara simbolik.

Acara selanjutnya adalah penyampaian materi oleh beberapa menteri, yaitu Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Prof. Muhadjir Effendy, dengan tema ‘Sinergitas dan Kolaborasi Lintas Sektor dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2024 Melalui KKS’. Sementara itu, Menteri Dalam Negeri RI, H. Muhammad Tito Karnavian, akan menyampaikan materi ‘Arah dan Kebijakan Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat di Indonesia’.

Selanjutnya, Menteri Kesehatan RI, Ir. Budi Gunadi Sadikin, akan menyampaikan materi ‘Transformasi Layanan Kesehatan untuk Mendorong Akselerasi Menuju Smart Health City’. Sedangkan Menteri LHK, Dr. Siti Nurbaya Bakar, akan menyampaikan materi terkait ‘Perubahan Iklim, Polusi Udara, dan Kesehatan Masyarakat’. Dilanjutkan dengan sesi berbagi pengalaman mengenai Komitmen dan Dukungan Pimpinan Daerah dalam Pelaksanaan KKS Menuju Indonesia Emas 2045.

Masih pada hari yang sama, agenda HCS dilanjutkan dengan seminar/workshop HCS dengan narasumber Miss Foo Xin (Health City Lab), Suvadjiee Good (WHO), Dr. TB. Chaerul Dwi Sapta (Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah III Kemendagri), Prof. Sukri Palutturi (Fornas KKS), Bey Triadi Machmudin (Pj Gubernur Jawa Barat), dan Drs. Andi Bataralifu (Pj Bupati Wajo Provinsi Sulawesi Selatan). Hari kedua akan diakhiri dengan City Tour seputar Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi.

Pada hari ketiga HCS, Selasa (30 Juli 2024), akan diadakan visitasi tatanan dengan mengunjungi Star Energy Geothermal Salak, RSUD Sekarwangi Cibadak, dan Situgunung Suspension Bridge Kadudampit. Setelah kembali ke Grand Inna Samudra Beach Hotel, acara dilanjutkan dengan penyampaian hasil Munas Fornas KKS, kelembagaan Fornas, dan penetapan tuan rumah HCS ke-7 tahun 2026. Setelah Farewell Dinner, acara akan diakhiri dengan penutupan.