RAGAMBAHASA.com || Perhelatan Healthy Cities Summit (HCS) ke-6 Tingkat Nasional Tahun 2024 yang diselenggarakan di Grand Inna Samudera Beach Hotel Palabuhanratu, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, resmi ditutup pada Selasa malam (30/7/2024). Penutupan acara HCS 2024 ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami, yang didampingi oleh Direktur Penyehatan Lingkungan, Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Dr. Anas Ma’ruf.

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami, menyatakan bahwa perhelatan HCS 2024 merupakan momentum bagi seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia untuk berbagi ilmu, pengalaman, serta pembelajaran mengenai kota sehat dalam rangka mewujudkan generasi kuat di masa depan.

“Beberapa tatanan yang dikunjungi peserta HCS 2024 di Kabupaten Sukabumi akan terus kita dorong dan menjadi bahan perbaikan ke depan,” ujarnya.

 

Bupati menjelaskan bahwa terdapat tujuh rekomendasi hasil Musyawarah Nasional Fornas KKS dalam HCS 2024, salah satu di antaranya adalah bahwa Kabupaten/Kota menjadi isu strategis dalam pembangunan nasional. Oleh karena itu, Bupati Sukabumi berkomitmen untuk terus mendukung rekomendasi-rekomendasi yang dihasilkan dalam Munas tersebut.

“Beberapa rekomendasi hasil Munas Fornas KKS akan menjadi inspirasi bagi Kabupaten Sukabumi dalam meningkatkan derajat kesehatan guna menciptakan generasi muda yang sehat di masa depan,” tegasnya.

Bupati juga berharap agar perhelatan HCS nasional yang diadakan dua tahun sekali ini dapat selalu dilaksanakan di setiap Kabupaten/Kota di Indonesia, karena HCS berfungsi sebagai media peningkatan derajat kesehatan dalam menyongsong Indonesia Emas 2045.

“Kegiatan ini tidak boleh terhenti, karena ini merupakan media untuk mendorong pertumbuhan kesehatan di daerah,” cetusnya.

Bupati Sukabumi juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh peserta jika terdapat kekurangan atau ketidakpuasan selama penyelenggaraan HCS ini.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Sukabumi, kami memohon maaf apabila terdapat kekurangan dalam penyelenggaraan HCS di Kabupaten Sukabumi. Semoga acara ini memberikan manfaat bagi semua, dan semoga Allah SWT membalas perjalanan Bapak/Ibu ke tempat kami,” paparnya.