Ragam Bahasa.com – Sebuah aktivitas pengerukan batu di area sempadan Pantai Cikakak, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dinilai dapat merusak keindahan alam. Terlebih, Cikakak merupakan satu dari delapan kawasan wisata internasional, Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGG).

Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Jujun Juaeni mengatakan, misi dibentuknya geopark adalah untuk melakukan pelestarian keragaman budaya dan geologi, melalui upaya edukasi dan konservasi. Sehingga dirinya menyayangkan adanya aktivitas tersebut.

“Keragaman geologi merupakan kekayaan alam yang melindungi ekologi perairan pesisir. Tentu apabila terganggu akan sangat merugikan,” katanya, Selasa (13/8/24).

Jujun mengaku sangat prihatin dengan aktivitas pengerukan atau batu tersebut. Hal itu dinilainya akan merusak keindahan Pantai Cikakak yang kerap dijadikan salah satu spot favorit para penikmat pantai.

“Dari sisi wisata tentu akan merugikan juga. Karena ada banyak nilai kepariwisataan yang hilang. Padahal itu sangat berguna untuk wisatawan sebagai tambahan pengetahuan selain rekreasi,” ujarnya.