RAGAMBAHASA.com || Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, H. Ade Suryaman, SH., MM., bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), menghadiri acara peresmian Program Hunian Tetap (Huntap) Kampung Haji BPKH Sukabumi. Acara tersebut berlangsung di Kampung Haji BPKH, Desa Kertaangsana, Kecamatan Nyalindung, pada Rabu (14/08/2024).

Dalam sambutannya, Sekda H. Ade Suryaman menyatakan rasa syukurnya atas selesainya pembangunan hunian tetap ini, yang kini telah diserahterimakan. Ia juga menyoroti keistimewaan hunian ini, termasuk adanya miniatur Ka’bah yang menambah nilai simbolis tempat tersebut.

“Hunian ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat tinggal tetap, tetapi juga area fasilitas umum yang dapat digunakan untuk manasik haji dan umroh. Tempat ini berpotensi menjadi contoh dan daya tarik pariwisata. Kolaborasi antara BPKH, Pemda, dan DT Peduli telah mewujudkan hunian tetap yang diidamkan,” ujarnya.

Plt Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kemenko PMK, Warsito, mengapresiasi pelaksanaan program ini. Ia berharap Kampung Haji BPKH akan mampu bersaing dan memberikan manfaat berkelanjutan di masa depan.

“Program ini merupakan hasil kolaborasi yang berkelanjutan. Salah satu tujuan utama adalah pemberdayaan masyarakat di Kampung Haji BPKH,” tegas Warsito.

Kepala BPKH, Fadlul Imansyah, menyampaikan bahwa 129 unit hunian tetap telah dibangun di atas lahan seluas sekitar 5 hektare yang disediakan oleh Pemda Kabupaten Sukabumi. Ia berharap agar fasilitas ini dapat dirawat dengan baik oleh masyarakat.

“Membangun memang bukan hal yang sulit, namun tantangan terbesar adalah memelihara dan menjaga fasilitas ini,” pungkas Fadlul.

Dalam acara tersebut juga dilakukan penyerahan KTP dan KK kepada warga. Selain itu, seluruh jajaran yang hadir meninjau hunian tetap serta area fasilitas umum di sekitarnya.