Ragam Bahasa.com – Penanganan longsor di ruas jalan Gudang-Caringin Kulon STA 1+200, tepatnya di Kampung Pasirjati RT4/2, Desa Cijengkol, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, terus dikoordinasikan oleh pihak terkait.

Longsor yang terjadi pada Rabu pagi, 26 Juni 2024, ini menyebabkan terputusnya akses jalan kabupaten yang menghubungkan Kecamatan Caringin dan Cibadak.

Kepala UPTD PU Wilayah II Cibadak, Heri Hermawan, menyampaikan bahwa usulan untuk perbaikan permanen di lokasi longsor telah diajukan. Namun, karena kejadian ini termasuk bencana alam, penanganannya menjadi tanggung jawab Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). “Informasi yang kami terima, rencana penanganan sudah dibahas di Pendopo, tetapi kami di UPTD belum menerima konfirmasi lebih lanjut terkait pelaksanaannya,” jelas Heri pada Senin (19/8/2024).

Heri menambahkan bahwa UPTD PU Wilayah II Cibadak masih menunggu arahan lebih lanjut dan berharap perbaikan dapat segera dilaksanakan. “Kami belum mendapatkan detail pelaksanaannya, namun hal ini sedang menjadi perhatian di tingkat kabupaten,” katanya.

Setelah menerima laporan longsor sekitar pukul 06.00 WIB, Heri menyebutkan bahwa pihaknya langsung melakukan asesmen bersama Forkopimcam dan BPBD. Longsor disebabkan oleh hujan deras yang mengakibatkan meluapnya air dari irigasi yang bocor di pinggir jalan, sehingga merusak struktur jalan.

Sebagai langkah antisipasi sementara, rambu-rambu dipasang untuk mencegah masyarakat melintasi jalan yang terdampak. Selain itu, Dinas PU juga telah menyiapkan gambar teknis untuk perbaikan.

Sementara itu, Camat Caringin, Yayan Mulia Suryana, menjelaskan bahwa longsor tersebut disebabkan oleh intensitas hujan yang tinggi. Longsor tersebut memiliki panjang 30 meter, tinggi 10 meter, dan lebar 8 meter. “Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,” ujarnya.

 

4o