RAGAMBAHASA.com || Presiden Joko Widodo melakukan reshuffle kabinet dan melantik tiga Kepala Badan di Istana Negara, Jakarta, pada Senin, 19 Agustus 2024.

Perombakan kabinet ini dilakukan berdasarkan Keppres No. 92/P Tahun 2024 tentang pemberhentian dan pengangkatan menteri negara dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024, serta Keppres No. 52/M Tahun 2024 tentang pengangkatan Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) Kabinet 2019-2024.

Berikut beberapa menteri yang dilantik hari ini:
1. Supratman Andi Atgas sebagai Menteri Hukum dan HAM (Menkumham)
2. Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)
3. Rosan Roeslani sebagai Kepala BKPM/Menteri Investasi
4. Angga Raka Prabowo sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo)

Selain itu, Jokowi juga mengangkat beberapa Kepala Badan, yakni:
– Dadan Hindayana sebagai Kepala Badan Gizi
– Hasan Nasbi sebagai Kepala Badan Komunikasi Kepresidenan
– Taruna Ikrar sebagai Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)

Istana Kepresidenan menyatakan bahwa pengangkatan para Menteri, Wakil Menteri, dan Kepala Badan ini dilakukan untuk mempersiapkan serta mendukung transisi pemerintahan. “Agar berjalan dengan baik, lancar, dan efektif,” ujar Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana.

Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, juga menyebutkan bahwa Jokowi perlu menyinkronkan sejumlah hal untuk mempercepat kelancaran transisi pemerintahan. “Ini untuk menyongsong pemerintahan baru di masa mendatang,” kata Dasco di Istana Negara.

Pergantian komposisi Kabinet Indonesia Maju ini dilakukan menjelang akhir masa jabatan Presiden Jokowi. Sebelumnya, pada 18 Juli 2024, Jokowi juga telah mengganti beberapa Wakil Menteri, dengan menunjuk dua orang dekat Presiden terpilih Prabowo Subianto, yakni Thomas Djiwandono sebagai Wakil Menteri Keuangan dan Sudaryono sebagai Wakil Menteri Pertanian.