RAGAMBAHASA.com || Ridwan Kamil (RK) mengumumkan rencana untuk mendeklarasikan pencalonannya dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta pada Senin malam, 19 Agustus 2024, setelah menerima dukungan dari sejumlah partai politik.

“Deklarasi akan kami lakukan besok (Senin), 19 Agustus pukul 7 malam,” ujar pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut setelah berkunjung ke Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perindo di Jakarta, Minggu, 18 Agustus 2024, sebagaimana dilaporkan oleh Antara.

Mantan Gubernur Jawa Barat ini mengonfirmasi bahwa ia telah memperoleh dukungan dari Partai Perindo untuk maju sebagai calon gubernur dalam Pilgub Jakarta 2024. Penyerahan dukungan simbolis dari Partai Perindo akan berlangsung bersamaan dengan deklarasi tersebut.

Sebagai politisi Partai Golkar, Ridwan Kamil menjelaskan bahwa harapan warga Jakarta, khususnya dari konstituen Partai Perindo, akan menjadi landasan visi dan misinya jika terpilih sebagai gubernur untuk lima tahun mendatang.

Ridwan juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas dukungan tambahan dari Partai Perindo, yang kini dipimpin oleh Angela Tanoesoedibjo. Menurutnya, partai politik memainkan peran penting dalam mewujudkan demokrasi.

“Dukungan partai politik yang dikelola dengan baik dapat menciptakan kondisi yang kondusif dan keberhasilan,” kata Ridwan.

Sebelumnya, Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, juga menyatakan bahwa RK akan diumumkan sebagai calon Gubernur Jakarta pada 19 Agustus 2024. Dasco memberikan sinyal bahwa Ridwan Kamil mungkin akan dipasangkan dengan Suswono, kader dari PKS.

“Kami telah sepakat untuk mengumumkannya secara resmi pada 19 Agustus, kemungkinan pada siang atau sore hari. Nantikan tanggal tersebut,” ujar Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, pada Rabu, 14 Agustus 2024.