RAGAMBAHASA.com || Sebanyak 49 dari 50 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi periode 2024-2029 yang baru dilantik telah mengikuti orientasi untuk memperdalam pemahaman mereka tentang tugas dan fungsi sebagai wakil rakyat. Orientasi ini difasilitasi oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Barat dan berlangsung selama lima hari, dari Senin hingga Jumat, 19-23 Agustus 2024, di Holiday Inn Bandung Hotel dan Resort, Kota Bandung.

Kegiatan orientasi ini diadakan sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor: 800.2.2-1084 tahun 2024 tentang Orientasi dan Pendalaman Tugas Anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Berdasarkan aturan ini, orientasi dilakukan satu kali pada awal masa jabatan, menjadikannya sebagai langkah penting dan wajib bagi setiap anggota DPRD sebelum memulai tugas sebagai legislator.

Materi orientasi mencakup berbagai aspek penting, termasuk wawasan kebangsaan berdasarkan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, sistem pemerintahan Indonesia, penguatan dan penegakan peraturan perundang-undangan, serta tata tertib DPRD. Selain itu, anggota dewan juga dibekali pengetahuan tentang fungsi, tugas, dan wewenang DPRD, kode etik, hak dan kewajiban anggota, serta isu-isu aktual seperti kebijakan pembangunan berkelanjutan di bidang energi, ekonomi, dan pangan.

Plh. Kepala BPSDM Provinsi Jawa Barat, Yudi Kuncoro, menekankan bahwa orientasi ini merupakan bagian dari upaya menjaga dan meningkatkan martabat, kehormatan, citra, dan kredibilitas DPRD sebagai lembaga perwakilan rakyat yang terhormat. Menurutnya, tugas dan fungsi yang diemban oleh DPRD memerlukan pemahaman yang mendalam, wawasan yang luas, serta integritas yang kokoh.

“DPRD memiliki tanggung jawab yang luar biasa besar, tugas dan fungsi yang diemban, baik dalam legislasi, anggaran, maupun pengawasan, memerlukan pemahaman yang mendalam, wawasan yang luas, dan yang paling penting, integritas yang tidak tergoyahkan,“ ujar Yudi dalam rilis pada Jumat (23/8/2024).

Yudi juga mengingatkan bahwa kegiatan orientasi ini bukan hanya sekadar formalitas, melainkan sebuah langkah awal yang krusial dalam membekali anggota DPRD untuk menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab. “Mari bersama-sama menjadikan DPRD sebagai lembaga yang senantiasa berpihak pada rakyat, menjadi contoh dalam integritas, dan menjadi pelopor dalam membangun demokrasi yang sehat dan berkeadilan,” tambahnya.

Ketua Sementara DPRD Kabupaten Sukabumi, Ferry Supriyadi, memberikan apresiasi positif terhadap kegiatan orientasi ini. Ia menilai bahwa setiap materi yang disampaikan sangat berguna bagi anggota dewan, terutama bagi mereka yang baru saja terpilih. “Di sini kita benar-benar dididik. Mulai dari tata cara bekerja, tanggung jawab, hak, dan kewajiban. Semua dikupas tuntas sehingga ini merupakan pendidikan dasar yang sangat baik dan sangat dibutuhkan oleh anggota dewan baru maupun yang lama,” kata Ferry.