RAGAMBAHASA.comĀ  || Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi, Kasmin Belle, mengungkapkan bahwa kemungkinan besar pada hari pertama pendaftaran pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, yaitu 27 Agustus 2024, tidak akan ada calon yang mendaftar.

“Sepertinya tidak ada yang mendaftar di hari pertama. Kemungkinan baru akan ada yang mendaftar pada 28 dan 29 Agustus 2024,” ujar Kasmin saat gladi resik pendaftaran di Kantor KPU Kabupaten Sukabumi, Senin (26/8/2024).

Ia menyebutkan bahwa sudah ada dua pasangan calon yang telah mengonfirmasi niatnya untuk mendaftar. Namun, keduanya tidak akan mendaftar pada hari yang sama. “Satu pasangan calon akan mendaftar pada tanggal 28, dan satu lagi pada tanggal 29,” jelas Kasmin.

Kasmin tidak memberikan bocoran mengenai identitas para calon. “Kalau kami beri bocoran, kurang menarik nanti. Mereka akan hadir langsung pada hari pendaftaran,” katanya.

Mengenai jumlah pasangan calon, Kasmin berharap agar jumlah tersebut bisa bertambah. Menurutnya, semakin banyak calon yang maju, semakin baik bagi pendidikan politik di masyarakat. “Partai politik punya peran penting, dan ketika lebih banyak kader yang maju, itu menunjukkan bahwa pendidikan politik berhasil disampaikan,” tambahnya.

Selain itu, Kasmin menjelaskan bahwa pendaftaran akan dibuka mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB pada tanggal 27 dan 28 Agustus 2024, sementara pada tanggal 29 Agustus pendaftaran akan diperpanjang hingga pukul 23.59 WIB.

Ia juga memaparkan bahwa persiapan oleh KPU Kabupaten Sukabumi sudah mencapai 80 persen, dengan sisa 20 persen berupa penambahan fasilitas kecil. Persiapan meliputi pemasangan tempat konferensi pers dan koordinasi dengan pihak kepolisian, Dishub, Kodim, serta Satpol PP untuk menjaga keamanan selama proses pendaftaran.

“Kami juga sudah menyiapkan area parkir di lapangan Sekarwangi. Tidak ada kendaraan yang diizinkan parkir di pinggir jalan dari lapangan Sekarwangi hingga kantor KPU, karena area tersebut harus steril untuk menghindari kemacetan,” tegas Kasmin.

Kasmin juga menyoroti imbauan dari Kodim terkait penggunaan knalpot brong selama pendaftaran. “Kami berharap semuanya berjalan lancar dan tidak ada gangguan demi kepentingan bersama,” tutupnya.