RAGAMBAHASA.com || Penemuan puluhan makam palsu di kawasan Katapang Condong, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, baru-baru ini mengejutkan masyarakat. Sebanyak 41 tumpukan batu yang disusun menyerupai makam ditemukan di lokasi tersebut, menimbulkan kecurigaan dan kekhawatiran di kalangan warga.

Sekretaris Dinas Budaya Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Sukabumi, Yanti Irianti, menyampaikan bahwa pihaknya telah mengikuti perkembangan terkait penemuan tersebut dan berencana melakukan langkah lebih lanjut.

“Bidang Kebudayaan akan segera mengumpulkan informasi dan melakukan pengecekan langsung ke lapangan mengenai makam-makam yang diduga palsu di Desa Citepus,” ujar Yanti kepada media, Rabu (28/8/2024).

Yanti juga mengapresiasi tindakan preventif dari masyarakat yang berinisiatif untuk memastikan tidak ada pelanggaran aturan dan norma setempat.

“Kami berterima kasih atas masukan dari masyarakat yang telah bertindak untuk mencegah hal-hal yang bisa melanggar aturan dan norma yang berlaku. Ke depannya, kami berharap bisa bekerja sama lebih baik lagi dengan semua pihak untuk mencegah kejadian serupa,” tambahnya.

Sebelumnya, warga Desa Citepus telah menemukan makam palsu ini dan merasa resah karena khawatir akan adanya potensi penyalahgunaan. Sebagai upaya pencegahan, sekitar 41 makam palsu telah dibongkar oleh warga pada Jumat, (23/8/2024).