RAGAMBAHASA.com || Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi tengah melakukan monitoring terhadap kegiatan rehabilitasi jaringan irigasi Ciawi-Maranginan yang berada di Desa Sirnasari, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Proyek ini dijalankan oleh UPTD Pekerjaan Umum Wilayah Jampangkulon.

Kepala UPTD PU Wilayah Jampangkulon, Rudi AB, menjelaskan bahwa rehabilitasi tersebut didanai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Barat tahun anggaran 2024 dengan nilai sebesar Rp 888.243.976,12.

“Rehabilitasi mencakup perbaikan saluran irigasi dan pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT). Panjang saluran yang dikerjakan mencapai sekitar 491,9 meter,” ungkap Rudi, dalam unggahan media sosial Dinas PU Kabupaten Sukabumi pada Senin, 2 September 2024.

Rudi juga menyampaikan bahwa pengerjaan proyek tersebut telah mencapai 85 persen, dengan waktu pelaksanaan selama 120 hari kalender. Proyek ini dilaksanakan oleh CV Sriwijaya.

“Irigasi ini mengairi sekitar 100 hektare sawah, dengan pasokan air berasal dari Sungai Cikarang. Insya Allah, pekerjaan akan selesai sesuai dengan waktu yang ditentukan,” kata Rudi.