RAGAMBAHASA.com || Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sukabumi menampilkan berbagai hasil karya seni dari peserta didik dalam acara Sukabumi Expo 2024. Karya-karya tersebut merupakan hasil kreativitas siswa dari berbagai jenjang pendidikan, mulai dari PAUD, TK, SD, hingga SMP.

Di stan pameran, beragam karya seni ditampilkan, seperti lukisan, kerajinan tangan, dan baju yang terbuat dari bahan plastik daur ulang, yang sukses menarik perhatian pengunjung.

Kepala Disdik Kabupaten Sukabumi, Eka Nandang Nugraha, menjelaskan bahwa tema yang diusung di stan Disdik pada Sukabumi Expo 2024 adalah “Merdeka Belajar”. Tema ini dipilih untuk memperlihatkan hasil penerapan program Merdeka Belajar yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

“Kami memperkenalkan tiga elemen utama yang diusung Kementerian, yaitu Kurikulum Merdeka dan Merdeka Belajar. Program ini tidak hanya membebaskan siswa dalam belajar, tetapi juga memberi kebebasan kepada para pendidik untuk menerapkan metode pembelajaran yang lebih fleksibel dan inovatif,” ungkap Eka.

Eka berharap melalui kehadiran Disdik di Sukabumi Expo ini, masyarakat dapat memahami pentingnya kebebasan dalam belajar untuk mendorong kreativitas dan inovasi peserta didik.

“Semua ini merupakan karya siswa dari jenjang SMP, SD, TK, dan PAUD. Kami berharap masyarakat dapat melihat hasil nyata dari implementasi Kurikulum Merdeka, di mana siswa dan guru lebih bebas dalam mengeksplorasi kreativitas selama proses pembelajaran,” tutupnya.