RAGAMBAHASA.com || Dinas Pekerjaan Umum (PU) melalui UPTD PU Wilayah Jampangkulon telah memulai perbaikan jalan desa yang kini berstatus sebagai jalan kabupaten, setelah diterbitkannya Surat Keputusan (SK) pada Desember 2023.

Salah satu ruas jalan yang sedang diperbaiki adalah Warungloa-Cisaat, yang melintasi Desa Buniwangi, Desa Pasiripis, dan Kelurahan Surade. Jalan ini terhubung dengan ruas Cibarehong-Cibungur dan menjadi jalur utama menuju Desa Jagamukti, Desa Sukatani, dan Desa Cipeundeuy di Kecamatan Surade.

Kepala UPTD PU Wilayah Jampangkulon, Rudi AB, menjelaskan bahwa beberapa jalan yang sebelumnya berstatus jalan desa kini telah meningkat menjadi jalan kabupaten, termasuk ruas Warungloa-Cisaat sepanjang 1,7 kilometer dengan lebar 3 meter, yang mulai diperbaiki.

Beberapa jalan baru lainnya yang ditingkatkan statusnya adalah ruas Cimahi-Cidahu, Cipeundeuy-Minajaya, Warungloa-Cisaat, dan Cisaat-Gunungsungging. “Penanganan sepanjang 120 meter di ruas Warungloa-Cisaat dikerjakan oleh pihak ketiga, CV Rileq Kontruksi, dengan anggaran sebesar Rp 185.883.483,” jelas Rudi.

“Pekerjaan telah selesai 100 persen, saat ini hanya menunggu pemeriksaan teknis atau PHO,” tambahnya.