RAGAMBAHASA.com || Dalam upaya mempererat dan meningkatkan kualitas kerukunan antar umat beragama, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Sukabumi menggelar sarasehan tokoh agama untuk memperkuat moderasi beragama. Acara ini berlangsung di aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi, Jalan Raya Pelabuhan II, Kilometer 6, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi, pada Rabu (2/10).

Ketua FKUB Kabupaten Sukabumi, Daden Sukendar, menjelaskan kepada Radar Sukabumi bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja FKUB serta rangkaian peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2024.

“Acara ini dihadiri oleh sekitar 70 hingga 100 peserta, termasuk tokoh lintas agama seperti Islam, Kristen, Hindu, Katolik, Buddha, Konghucu, serta pengurus FKUB Kabupaten Sukabumi, ketua organisasi keagamaan, perwakilan MUI, gereja, pengurus Badan Koordinasi (Bakoor) FKUB tingkat kecamatan, dan penyuluh agama Islam dari lingkungan Kemenag Kabupaten Sukabumi,” ujar Daden Sukendar.

Selain memperingati Hari Kesaktian Pancasila dan Hari Batik Nasional, tujuan utama sarasehan ini adalah untuk menyongsong Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 agar berjalan kondusif, aman, damai, dan sukses. “Acara ini diselenggarakan oleh FKUB Kabupaten Sukabumi, bekerja sama dengan Kemenag Kabupaten Sukabumi dan Bakesbangpol Kabupaten Sukabumi,” tambahnya.

Daden juga menekankan pentingnya kegiatan ini dalam meningkatkan kualitas kerukunan umat beragama melalui penguatan moderasi beragama di kalangan tokoh agama. Ia berharap para tokoh agama dapat menyebarluaskan pemahaman moderasi beragama kepada umat mereka, khususnya menjelang Pilkada serentak yang dijadwalkan pada November 2024.

Sarasehan ini diisi dengan berbagai materi terkait penguatan moderasi beragama, diawali dengan sambutan dari Kepala Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi, H. Dadang. Sesi materi kemudian dilanjutkan oleh Forkopimda, yang diwakili oleh Danramil Baros, Kasat Binmas Polresta Sukabumi, Kajari Cibadak, Bakesbangpol, dan Ketua FKUB. Acara ini diakhiri dengan pernyataan bersama dari para tokoh agama dan peserta untuk mendukung pelaksanaan Pilkada yang damai.

“Diharapkan, kegiatan ini mampu meningkatkan kerukunan umat beragama di Kabupaten Sukabumi dan mendorong partisipasi penuh tanggung jawab dari seluruh masyarakat dalam Pilkada mendatang, sehingga terpilih pemimpin yang amanah dan membawa keberkahan bagi semua,” tutupnya.