RAGAMBAHASA.com || Kecamatan dengan luas hanya 10,83 kilometer persegi ini merupakan kecamatan terkecil di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Kabupaten Sukabumi sendiri dikenal sebagai kabupaten terbesar di Jawa Barat sekaligus di Pulau Jawa, dengan total luas wilayah mencapai 4.164,15 kilometer persegi.

Selain itu, Kabupaten Sukabumi juga memegang rekor sebagai kabupaten dengan jumlah kecamatan terbanyak di Jawa Barat, yakni 47 kecamatan. Dari 47 kecamatan tersebut, sebanyak 21 kecamatan berencana untuk memisahkan diri guna membentuk calon daerah otonom baru (DOB) bernama Kabupaten Sukabumi Utara. Wilayah CDOB Kabupaten Sukabumi Utara diperkirakan akan memiliki luas sekitar 943,71 kilometer persegi, mencakup 21 kecamatan dan 163 desa/kelurahan yang terletak di bagian utara kabupaten. Beberapa kecamatan yang akan termasuk di dalamnya adalah Kecamatan Cibadak, Kabandungan, Caringin, dan Kalapanunggal.

Selain itu, ada juga kecamatan lainnya seperti Kadudampit, Parakansalak, Sukalarang, Bojonggenteng, Sukabumi, Cidahu, Gunungguruh, Cicurug, Cisaat, Parungkuda, Kebonpedes, Ciambar, Cireunghas, Nagrak, Gegerbitung, Sukaraja, dan Cicantayan. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sukabumi, satu dari 21 kecamatan tersebut merupakan kecamatan terkecil, yaitu Kecamatan Kebonpedes, dengan luas hanya 10,38 kilometer persegi. Jumlah penduduk di kecamatan ini tercatat mencapai 35.053 jiwa, dengan kepadatan sekitar 3.237 jiwa per kilometer persegi.

Kecamatan Kebonpedes berbatasan langsung dengan Kota Sukabumi di bagian barat kabupaten dan terdiri dari lima desa/kelurahan, yaitu Bojongsawah, Cikaret, Jambenenggang, Kebonpedes, dan Sasagaran.