Ragam Bahasa.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, berkomitmen mendukung pemerintah dalam mensukseskan rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Salah satu upaya yang dilakukan adalah membantu pendaftar dalam proses pengunggahan berkas.

Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Dukcapil Wilayah IV Palabuhanratu turut berperan aktif dalam mendukung pendaftar PPPK dengan menyediakan layanan pengunggahan berkas. Kepala Tata Usaha UPTD Dukcapil Wilayah IV Palabuhanratu, Dadang Sujana, yang akrab disapa Uu, menjelaskan bahwa meskipun pendaftar dapat mengunggah berkas secara mandiri, pihaknya siap membantu jika diminta.

“Berkas pendaftaran ini bisa diunggah oleh masing-masing pendaftar, tapi kami juga siap meng-upload berkas jika ada yang membutuhkan,” ujar Uu pada Jumat (18/10/24).

Uu juga menjelaskan bahwa berkas yang diunggah akan dikirimkan ke bagian penerimaan Calon ASN PPPK Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI. Pendaftaran untuk gelombang pertama formasi PPPK 2024 akan berakhir pada 20 Oktober 2024.

“Hingga saat ini, kami telah meng-upload lima berkas pendaftar yang mendaftar ke berbagai instansi, seperti Inspektorat, Bakesbangpol, DPPKB, Disdagin, dan Pemerintah Kecamatan Cicantayan. Semua pendaftar berasal dari Kecamatan Palabuhanratu,” tambahnya.

Jika terdapat kekurangan dalam berkas yang diunggah, lanjut Uu, Kemendagri RI akan memberikan pemberitahuan atau sanggahan kepada pendaftar melalui email.

“Kami telah melakukan hal serupa pada rekrutmen sebelumnya, dan untuk gelombang kedua pendaftaran, akan dimulai pada 18 November 2024,”