Ragam Bahasa.com – Tak bisa dipungkiri, kehadiran Alun Alun Gadobangkong di Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menjadi magnet bagi masyarakat. Tempat tersebut terpantau tak pernah sepi, bahkan menjadi salah satu tujuan favorit masyarakat untuk sekadar menghabiskan waktu.

Di tempat tersebut, terpantau telah dia kali dijadikan tempat nonton bareng pertandingan sepakbola. Keduanya merupakan laga Indonesia di ronde ketiga kualifikasi piala dunia zona Asia, melawan Bahrain dan Cina belum lama ini. Hal itu mendapat respons dari Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi.

“Memang pengelolaan Alun Alun Gadobangkong itu berada di bawah kewenangan DLH (Dinas Lingkungan Hidup). Akan tetapi, kami akan mencoba menyiapkan ruang aktifitas dan kreatif masyarkat, baik dalam event mingguan atau event khusus, mungkin juga salah satunya Nobar,” kata Kepala Dispar Kabupaten Sukabumi, Sendi Apriadi, Minggu (20/10/24).

Ia mengaku akan berupaya merealisasikan hal itu. Namun dirinya juga mengajak masyarakat untuk ikut menjaga dan merawat ragam fasilitas yang akan coba direalisasikan tersebut.

“Namun ketika sudah terealisasi, masyarakat termasuk pengunjung harus bisa secara bersama-sama menjaga tempat tersebut. Agar keindahan, kenyamanannya, tetap terjaga dengan baik,” pungkasnya.

Salah satu warga Palabuhanratu, Deni Supriatna, menanggapi positif wacana tersebut. Ia berharap, hal itu benar-benar terealisasi.

“Tempatnya sudah bagus, namun sayang belum ada tempat kreasi seperti tempat nobar, panggung seni, dan juga sarana bermain anak-anak,” katanya.