RAGAMBAHASA.com || Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sukabumi periode 2024-2027 resmi dilantik di Gedung Pendopo Sukabumi, yang terletak di Jalan Raya Ahmad Yani, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, pada Minggu, 20 Oktober 2024.

Acara pelantikan ini ditandai dengan penyerahan Bendera Pataka PWI dari Ketua PWI Jawa Barat, Hilman Hidayat, kepada Ketua PWI Kabupaten Sukabumi, Mulya Hermawan. Kegiatan ini disaksikan oleh berbagai pejabat daerah, termasuk jajaran Forkopimda, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman, para pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan tamu undangan lainnya. Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh Ketua dan pengurus PWI dari kota dan kabupaten di seluruh Jawa Barat.

Dalam sambutannya, Hilman Hidayat menegaskan pentingnya menjaga profesionalisme organisasi PWI. “Pesan saya, jadikan PWI sebagai organisasi profesional. Ingat tugas dan fungsi utama jurnalis!” ujarnya.

Hilman juga mengingatkan bahwa pers memiliki peran penting sebagai jembatan antara pemerintah dan masyarakat. Oleh karena itu, wartawan harus mampu menjalankan fungsi kontrol sosial terhadap pemerintah.

“Wartawan juga harus berperan sebagai watchdog, yang akan menggonggong keras ketika kebijakan pemerintah tidak berpihak pada rakyat. Jangan jadi pengekor!” tegasnya.

Sekda Sukabumi, Ade Suryaman, turut memberikan ucapan selamat kepada para pengurus PWI Kabupaten Sukabumi yang telah dilantik. Ia menyampaikan apresiasi terhadap peran PWI dalam mendukung pembangunan daerah.

 

“Apa yang disampaikan Ketua PWI Jabar dan Kabupaten Sukabumi sangat kami sambut dengan baik. Semoga PWI terus menjadi mitra Pemkab dalam menyampaikan informasi positif yang mendukung pembangunan Sukabumi,” ujar Ade.

 

Ade juga menekankan pentingnya media sebagai salah satu dari lima komponen penting dalam unsur pentahelix, yang meliputi pemerintah, akademisi, pelaku usaha, masyarakat, dan media.

 

“Kami yakin, PWI mampu melahirkan jurnalis yang terus mengasah kemampuan, bekerja dengan berpedoman pada kode etik jurnalistik dan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers,” tutupnya.

Adapun susunan pengurus PWI Kabupaten Sukabumi periode 2024-2027 adalah sebagai berikut:

1. Bidang Hubungan Antar Lembaga (Hublang): Koordinator Ujang Herlan dan anggota Harisman.

2. Bidang Organisasi: Koordinator Fitra Yudhi dan anggota Dede Nuryana.

3. Bidang Pendidikan: Koordinator Achamd Zazuli dan anggota Heru Yuda Saputra.

4. Bidang Kesejahteraan: Koordinator Siti Ratna Maymunah dan anggota Hendra Sofyan.

5. Bidang Advokasi: Koordinator Asep Andi Wijoyono dan anggota Aab Abdul Malik.