RAGAMBAHASA.com || Pencarian bakat atlet voli di kalangan siswa Sekolah Menengah Pertama terus ditingkatkan di Dinas Kabupaten Sukabumi. Melalui peningkatan dan pembinaan potensi untuk mencetak bakat atlet dan talenta siswa, Sub Rayon Sekolah Menengah Pertama Negeri Sukaraja melaksanakan Lomba Olimpiade Olahraga Siswa (O2SN) tahun 2024. Achmad Komar, Ketua MKKS SMP Sub Rayon Sukaraja, menyatakan bahwa perlombaan ini telah menjadi agenda tahunan di lingkungan pendidikan, dan telah diselenggarakan di SMPN 1 Cireunghas selama satu hari pada Selasa (5/3/24).

Lomba O2SN adalah bagian dari kegiatan nasional untuk menggali potensi dan talenta serta mengembangkan bakat anak-anak. Sebelum dilaksanakan di tingkat kabupaten Sukabumi, dilakukan seleksi terlebih dahulu di tingkat rayon. Di Sub Rayon Sukaraja, lomba ini telah diadakan di SMPN 1 Cireunghas. Pada Lomba O2SN tahun 2024 di Sub Rayon Sukaraja, ratusan siswa SMP mengikuti 11 cabang perlombaan seperti Silat, Karate, Catur, dan Bulu Tangkis.

“ Perlombaan O2SN ini merupakan bagian dari kegiatan nasional untuk menggali potensi dan talenta anak serta pengembangan bakat anak. Jadi, sebelum diselenggarakan lomba O2SN tingkat kabupaten Sukabumi, ada seleksi dulu ditingkat rayon. Nah, untuk di SUB Rayon Sukaraja Telah diselenggarakaan di SMPN 1 Cireunghas, “ Kata Achmad Kepada awak media.

 

Lomba O2SN di Sub Rayon Sukaraja diikuti oleh sekolah SMP dari enam Kecamatan, yaitu Cireunghas, Sukaraja, Gegerbitung, Sukalarang, Kebonpedes, dan Nyalindung. Lomba ini dianggap penting sebagai ajang pembuktian bagi siswa yang memiliki potensi dan bakat di bidang olahraga, sehingga diharapkan dapat menumbuhkan semangat juang dan kompetisi sehat di kalangan siswa.

“ Untuk di sub rayon Suakraja itu, lomba O2SN telah diikuti sekolah SMP di enam Kecamatan. Yakni, Kecamatan Cireunghas, Sukaraja, Gegerbitung, Sukalarang, Kebonpedes, dan kecamatan Nyalindung,” Bebernya.

Kegiatan seperti O2SN merupakan upaya untuk meningkatkan prestasi pendidikan di Kabupaten Sukabumi. Achmad Komar menambahkan bahwa dengan memberikan ruang bagi siswa untuk menunjukkan kemampuan dalam olahraga, diharapkan dapat menciptakan generasi penerus yang lebih unggul dan berkualitas. Perlombaan ini juga diharapkan dapat mempererat hubungan antar sekolah serta mencegah kasus tawuran pelajar.

“Perlombaan ini sangat penting dilakukan untuk mempererat hubungan persahabatan antar sekolah, sehingga di harapkan dapat menekan terjadinya kasus tawuran pelajar,” bebernya.

Komar berharap bahwa O2SN akan memotivasi siswa untuk terus berlatih dan mengembangkan bakat mereka. Semoga kegiatan ini terus berlanjut dan memberikan manfaat besar bagi pendidikan dan pembinaan generasi muda di Kabupaten Sukabumi.

 

“Semoga kegiatan ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat yang besar bagi Pendidikan dan pembinaan generasi muda di kabupaten Sukabumi,” Pungkasnya.