RAGAMBAHASA.com|| Pemerintah Kabupaten Sukabumi bersama Pemerintah Kota Bekasi melakukan penandatanganan kerja sama peningkatan pelayanan publik dan pengembangan perekonomian, di Pendopo Palabuhanratu, Senin (6/5/2024).

Kerja sama antar daerah ini ditandatangani oleh Bupati Sukabumi, Marwan Hamami dan Pj Wali Kota Bekasi, Raden Gani Muhamad.

Pj Wali Kota Bekasi, Raden Gani Muhamad menjelaskan, salah satu langkah awal dalam kerja sama ini adalah sektor ketahanan pangan. Mengingat, lahan pertanian di Kota Bekasi sudah tidak mumpuni.

Gani menyatakan, potensi Kabupaten Sukabumi cukup melimpah, baik itu pertanian, perikanan maupun seni budaya. Oleh karena itu, kerjasama tersebut adalah langkah tepat untuk meningkatkan taraf perekonomian masyarakat.

“Kerjasama ini Salah satunya kita terkait dengan ketahanan pangannya di mana kita ketahui bahwa Kabupaten Sukabumi ini memiliki potensi yang masih bisa dioptimalkan masih besar ya sehingga kita bisa berkolaborasi,” kata Gani.

“Kedepan MoU ini akan ditindaklanjuti oleh instansi terkait sesuai tugas dan fungsinya,” sambungnya.

Tak hanya itu, R Gani pun mengatakan terkait kerja sama di bidang pelayanan publik, pemkot Bekasi ingin bekerjasama di bidang peningkatan pariwisata daerah.

“Terkait dengan pelayanan publik bagaimana kita di pariwisatanya ya di mana di sini banyak event-event pariwisata dalam rangka pelayanan kepada masyarakat dan juga daya tarik daerah ini tentunya juga kita harus banyak belajar kepada Kabupaten Sukabumi bagaimana mempromosikan suatu daerah melalui event-event daerah sehingga kedepan Kota Bekasi Bekasi bisa dikenal ke kancah nasional bahkan internasional,” paparnya.

Ia berharap, kerja sama tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan daerah kota Bekasi juga akan meningkatkan taraf perekonomian masyarakat di Kabupaten Sukabumi.

“Harapan kedepan potensi ini bisa dioptimalkan sehingga kami turut menikmati hasil alam yang ada di sini,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Bupati Sukabumi Marwan Hamami bersyukur bahwa saat ini pemkab sukabumi dan pemkot bekasi berkomitmen untuk saling mendukung dan memperkuat peningkatan pelayanan publik dan pengembangan perekonomian terutama ketahanan pangan.

“Kita sangat bersyukur adanya kerjasama ini terutama diketahanan pangan, Kan selama ini yang menjadi keluhan masyarakat kita terutama hasil-hasil produk pertanian maupun hasil pertanian para petani kita adalah pasar mudah-mudahan dengan kerjasama ini ada ruang yang bisa kita manfaatkan,” ungkapnya.

Menurut Marwan, pemasaran produk menjadi kendala yang dialami selama ini. Maka, dengan adanya kerjasama tersebut diharapkan akan membuka peluang percepatan pemasaran produk pertanian yang dimiliki Kabupaten Sukabumi.

“Harapan kita bagaimana potensi ini dapat meningkatkan taraf perekonomian masyarakat khususnya petani,” tuturnya.

Bupati Marwan juga berharap kesepakatan ini dapat menjadi tonggak awal bagi kerja sama yang lebih erat dan berkelanjutan antara Pemkab Sukabumi dan pemkot Bekasi.

“Mudah-mudahan kerja sama Ini bisa bermanfaat bagi kita pemkab sukabumi dan pemkot bekasi terutama untuk kesejateraan masyarakat,” pungkasnya.

Diakhir acara, dilakukan penyerahan cenderamata dari kedua belah pihak antara Kabupaten Sukabumi dengan Kota Bekasi.