RAGAMBAHASA.com || Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) melakukan kunjungan ke kantor BPJS Kesehatan Sukabumi pada hari Kamis, 11 Juli 2024. Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, Hera Iskandar, turut hadir sebagai tamu undangan untuk memberikan tanggapan terhadap permasalahan yang dibahas.

“Kami diundang oleh BPJS Kesehatan, oleh Sekda, terkait dengan hubungan kemitraan BPJS Kesehatan, baik dengan pemerintah maupun pengusaha,” ujar Hera.

Hera menyatakan bahwa Apindo memiliki pandangan terkait kepesertaan BPJS Kesehatan karyawan dan fasilitas kesehatan yang masih kurang memadai. Menurutnya, perusahaan di Sukabumi masih memiliki pekerja dengan status kepesertaan BPJS Kesehatan Penerima Bantuan Iuran (PBI).

“Perusahaan siap untuk melakukan migrasi dari PBI ke kepesertaan yang dibiayai oleh perusahaan. Selain itu, Apindo juga menghadapi masalah fasilitas kesehatan, seperti adanya perbedaan dalam pelayanan,” tambahnya.

Selain itu, Hera juga menekankan pentingnya pemenuhan Universal Health Coverage (UHC), bukan hanya fokus pada kepesertaan BPJS Kesehatan yang ditanggung oleh pemerintah daerah, tetapi juga dari kelompok lain seperti perusahaan. “Jika APBD sudah sangat terbatas, kita harus mencari dari segmen lain, harus dilakukan kajian lebih lanjut,” ujarnya.

Hera juga mendorong adanya koordinasi dari semua pihak untuk mencapai efisiensi anggaran (APBD Kabupaten Sukabumi). “Anggaran yang telah dikeluarkan sudah sangat besar, sekitar Rp 150 miliar atau Rp 16 miliar per tahun untuk PBI,” tambahnya.