RAGAMBAHASA.com ||Dalam rapat pleno diperluas yang diadakan di Kantor PWI Jawa Barat, Jalan Wartawan II, Kota Bandung, Jumat (20/9), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Barat menegaskan dukungannya terhadap kepengurusan PWI Pusat yang terbentuk melalui Kongres Luar Biasa (KLB).

Rapat ini dipimpin langsung oleh Ketua PWI Jawa Barat, Hilman Hidayat, dan dihadiri oleh jajaran pengurus PWI Jawa Barat, Ketua Dewan Kehormatan Olan Sibarani, Ketua Dewan Penasehat Firman Rahmat, serta seluruh Ketua dan Sekretaris PWI Kabupaten/Kota se-Jawa Barat, termasuk perwakilan Pokja Wartawan Gedung Sate dan Kota Bandung.

Hilman Hidayat menegaskan bahwa PWI Jawa Barat tetap solid dan berkomitmen mendukung kepengurusan PWI Pusat hasil KLB yang dipimpin oleh Zulmansyah Sakedang. “Kami tetap berpegang pada keputusan awal untuk mendukung kepemimpinan Zulmansyah. Ini merupakan hasil keputusan bersama dari rapat pleno yang kami gelar,” ujar Hilman usai rapat pleno.

Lebih lanjut, Hilman menegaskan bahwa kegiatan organisasi PWI di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota harus terus berjalan seperti biasa. Meskipun terjadi konflik di kepengurusan pusat, Hilman menekankan bahwa keputusan yang telah diambil adalah hasil dari kesepakatan bersama dalam rapat pleno. “Kami telah mendengar pendapat seluruh Ketua dan Sekretaris PWI se-Jawa Barat. Mereka sepakat untuk menjalankan dan mendukung keputusan yang diambil oleh Pengurus PWI Jawa Barat,” jelasnya.

Ketua Dewan Kehormatan PWI Jawa Barat, Olan Sibarani, menegaskan bahwa langkah-langkah yang diambil oleh pengurus PWI Jawa Barat sudah tepat dan sejalan dengan Dewan Kehormatan. “Kami mendukung penuh keputusan ini, dan yang terpenting adalah menjaga agar organisasi tetap menjunjung tinggi aturan yang ada,” katanya.

Firman Rahmat, Ketua Dewan Penasehat PWI Jawa Barat, menambahkan bahwa keputusan yang dihasilkan dari rapat pleno harus ditaati oleh seluruh anggota dan pengurus PWI di Jawa Barat. “Konflik yang kita saksikan selama ini bisa menimbulkan berbagai tafsir, tapi kita sudah mencapai kesepakatan di sini. Setelah rapat ini, Jawa Barat secara bulat mendukung kepemimpinan Zulmansyah,” tegas Firman, yang akrab disapa Noe.

Dalam rapat pleno tersebut, para Ketua PWI Kabupaten/Kota se-Jawa Barat juga diminta menyampaikan pendapat mereka terkait konflik di kepengurusan PWI Pusat. Tidak ada satupun yang menyatakan dukungan terhadap kepemimpinan Hendry CH Bangun. Beberapa peserta rapat juga mengusulkan upaya rekonsiliasi, yang sempat dibahas dalam pertemuan antara Zulmansyah Sakedang dan Hendry CH Bangun di Kantor Menteri Hukum dan HAM (Menkumham).

Pada akhirnya, semua Ketua PWI Kabupaten/Kota se-Jawa Barat secara bulat mendukung keputusan yang diambil oleh Pengurus PWI Jawa Barat, dan Hilman Hidayat pun menegaskan kembali bahwa PWI Jawa Barat mendukung penuh kepemimpinan Zulmansyah Sakedang.