RAGAMBAHASA.com || Tol Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi) seksi 2 pada jalur Cigombong-Parungkuda resmi dibuka kembali pada Selasa, 24 September 2024, sekitar pukul 17.55 WIB.

Sebelumnya, pembukaan kembali tol Bocimi seksi 2 ini dijadwalkan untuk diresmikan pada pagi hari sekitar pukul 10.00 WIB, namun terpaksa ditunda karena belum mendapatkan izin.

Ratusan kendaraan sudah menunggu sejak pagi untuk dapat melintasi jalan tol yang menghubungkan Sukabumi dengan wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Kapolres Sukabumi, AKBP Samian, menjelaskan bahwa informasi dari pengelola menyatakan tol akan dibuka pada hari ini. Penundaan waktu pembukaan adalah hal yang wajar terkait dengan faktor teknis.

Tol ini sempat tidak beroperasi selama 5 bulan 21 hari karena perbaikan, namun kini telah siap digunakan kembali. “Masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan tol ini dengan baik,” tambah AKBP Samian.

Jalan tol Bocimi seksi 2 kini dibuka secara fungsional dan diharapkan dapat mengurangi kemacetan, khususnya di pintu keluar Cigombong. Menurut AKBP Samian, tim telah memeriksa kelayakan jalan tol, dan semua jenis kendaraan diperbolehkan melintas tanpa ada pembatasan.

Berdasarkan papan pengumuman tarif di pintu tol, biaya untuk kendaraan Golongan 1 dari Parungkuda hingga pintu keluar Caringin Utama adalah Rp36 ribu. Sementara itu, kendaraan Golongan 2 dan 3 dikenakan tarif Rp53 ribu, sedangkan Golongan 4 dan 5 dikenakan tarif Rp71 ribu.