RAGAMBAHASA.com || Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sukabumi menerima laporan mengenai ambruknya bangunan SMPN 06 di Kampung Cibinong, Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi, pada Rabu, 18 September 2024, sekitar pukul 15.30 WIB.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Eka Nandang Nugraha, mengungkapkan bahwa laporan tersebut diterima dari Camat Kalibunder, Encep Iwan Kartawirya. Bangunan yang ambruk adalah aula atau ruang rapat berukuran 12×9 meter persegi.

“Diperkirakan bangunan ambruk karena kayu yang sudah lapuk, sehingga atapnya runtuh, sementara dinding temboknya tetap utuh,” ujar Eka kepada sukabumiupdate.com pada Jumat, 20 September 2024.

Eka memastikan tidak ada korban jiwa atau luka dalam kejadian ini, karena ruangan yang ambruk tersebut sudah lama dikosongkan dan tidak digunakan untuk kegiatan.

“Setelah kejadian, masyarakat sekitar bergotong-royong membersihkan puing-puing bangunan dan menyortir bahan yang masih bisa digunakan. Kerugian diperkirakan mencapai Rp100 juta. Hari ini, kami turun langsung ke lokasi untuk meninjau kondisi bangunan,” tambahnya.